BERBAGI

Pemkot Metro melalui Dinas Perhubungan Kota Metro berencana akan bekerjasama dengan pihak Asuransi. Hal ini guna memberi rasa aman kepada pemilik kendaraan maupun juru parkir.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Metro yang di wakili Kepala UPTD Perparkiran Hendi Nugroho mengatakan dengan adanya wacana bagi pengguna parkir atau pemilik kendaraan yang parkir rencananya akan di asuransikan.

Adanya kebijakan asuransi tersebut masih dalam tahap perencanaan.”Progam itu adalah rencana yang baik, tujuannya kan untuk memberi rasa aman untuk pemilik kendaraan yang parkir maupun juru parkir itu sendiri,” ujarnya.

Untuk mekanismenya, Hendi menjelaskan untuk sementara ini belum dapat menjelaskan dikarenakan Dinas Perhubungan sedang mencari perusahaan asuransi mana yang akan di ajak untuk bekerjasama.

“Teknis Mekanismenya akan kita bicarakan dulu dengan pihak asuransi bagaimana atau perkolektif atau pertitik, jadi kita cari formatnya yang terbaik lah,” jelasnya.

Tak hanya itu saja, ada catatan besar kepada petugas  parkir. Apabila program tersebut sudah mulai diterapkan, petugas parkir harus tetap waspada jangan menjadi lalai.

“Mentang-mentang udah ada asuransi jadi lalai dan berpikiran mau hilang bodok amat, kan udah ada asuransi nanti diganti. Jangan sampai seperti itu, petugas harus tetap waspada dikarenakan itu adalah suatu tanggung jawab,” jelasnya.

Sementara menurut data dari Dinas Perhubungan jumlah titik parkir yang ada di Kota Metro pada tahun 2018 sebanyak 81 titik parkir .

Sedangkan untuk target dari retribusi parkir pada tahun 2018 di sebesar Rp. 1,165 miliyar. Sementara target pada tahun 2017 hanya sebesar Rp. 932.000.000 juta, namun hanya tercapai sebesar Rp. 816.323.000 juta.

Seperti diketahui sesuai peraturan walikota (Perwali)  nomor 6 Tahun 2013 tentang Tarif Retribusi Jasa Umum. Pasal 12 : struktur dan besaran tarif retribusi pelayanan parkir di tepi jalan umum ditetapkan sebagai berikut.

Sedan, jip, mini bus dan sepeda motor modifikasi (roda tiga atau lebih) sebesar Rp.2.000/sekali parkir, dan sepeda motor sebesar Rp.1.000/sekali parkir.  (son) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here