BERBAGI

Konflik Hak Guna Usaha (HGU) PT. Sugar Group Companies, sampai saat ini masih belum jelas. Pasalnya, persoalan tersebut belum memiliki titik terang meskipun sudah banyak laporan dari masyarakat yang merasa dirugikan terkait hal tersebut.

Laporan-laporan tersebut telah diteruskan atau disampaikan tim pansus SGC Tulang Bawang dan Front Lampung Menggugat (FLM) bukan hanya ke tingkat DPRD Provinsi Lampung, bahkan sudah sampai ke Komisi II DPR RI.

Beberapa waktu lalu juga tim pansus SGC Tuba dan FLM telah melakukan rapat dengar pendapat (RDP) di Komisi II DPR RI, yang mana dalam agenda tersebut pansus SGC Tuba dan FLM memaparkan semua persoalan yang terjadi yang menimpa masyarakat Tuba yang merasa telah dirugikan selama puluhan tahun oleh perusahaan raksaksa itu. Namun, sampai saat ini DPR RI belum menindak lanjuti permasalahan pertanahan itu padahal saat melakukan RDP, Komisi II DPR RI berjanji akan segera mengkaji dan menuntaskan persoalan yang telah lama tak kunjung usai.

Melihat tidak adanya tindak lanjut dari Komisi II DPR RI yang terkesan masuk angin, Front Lampung Menggugat (FLM) akan kembali menggelar diskusi publik dan bedah buku tentang HGU SGC yang akan digelar 19 Februari mendatang, serta menyoal kinerja dan menagih janji Komisi II DPR RI yang katanya akan segera menuntaskan masalah Hak Guna Usaha (HGU) PT. Sugar Group Companies.

Koordinator Presidiun FLM, Hermawan saat ditemui diruang kerjanya mengatakan bahwa pihaknya bersama tim akan kembali melakukan diskusi publik, yang mana dalam agenda itu juga FLM akan mengundang perwakilan Komisi II DPR RI guna meminta penjelasan dan menagih janji pasca digelarnya RDP waktu lalu.

“Kita telah memasukan surat laporan ke Komisi II DPR RI, bahkan telah mengikuti rapat dengar pendapat (RDP) di Komisi II DPR RI bersama pansus SGC Tulang Bawang. Namun sampai saat ini hasil laporan dan RDP tersebut belum ada tindak lanjut dari Komisi II tersebut, seperti masuk angin,” ungkap Hermawan kepada media, Kamis (8/2/2018).

“Maka dari itu kami FLM akan menagih janji Komisi II DPR RI yang mana saat itu pihaknya berjanji akan segera mengkaji dan menindak lanjuti laporan laporan yang telah di sampaikan terkait permasalahan HGU PT. Sugar Group Companies (SGC). Kami juga mendasak DPRD Provinsi Lampung untuk segera membentuk pansus SGC, yang samapai saat ini pansus tersebut belum juga terbentuk, hal ini kan jadi banyak menimbulkan pertanyaan, kenapa?,” pungkasnya.(plp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here