BERBAGI
Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Pusat memberi apresiasi prestasi pertanian yang telah diraih di era kepemimpinan Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo. Hal itu diungkapkan Wakil Ketua Umum HKTI Pusat Erwin TPL Tobing usai melantik Pengurus HKTI Provinsi Lampung Periode 2016-2021, Rabu (14/2/2018) di Swiss Bell Hotel.
 “Kami pahami selama kepempimpinan Pak Ridho sektor pertanian di Provinsi Lampung menjadi prioritas sekaligus menjadi andalan yang maju dengan pesat. Kondisi ini bisa dilihat dari berbagai indikasi, baik pada saat panen raya, ekspor juga keberhasilan padi Lampung mencapai peringkat 4 suprlus nasional,” ungkap Erwin.
Erwin mengatakan, HKTI siap bersinergi dengan pemerintah daerah guna mewujudkan visi dan misi HKTI dalam mensejahterakan petani. “HKTI akan terus bersinergi dengan pemerintah daerah dalam memajukan sektor pertanian, saling mendukung untuk mewujudkan petani yang makmur, dan sejahtera” ungkapnya.
Lebih lanjut Erwin mengatakan, HKTI menaruh harapan besar pada Lampung. Dia yakin dan percaya di bawah kepemimpinan Bachtiar Basri sebagai Ketua Dewan Pimpinan HKTI Provinsi Lampung, HKTI dan petani Lampung akan semakin baik dan maju. “Mudah-mudahan dengan kepengurusan yang baru ini HKTI Lampung semakin maju, terlebih Pak Bachtiar telah berpengalaman memimpin di bidang pertanian,” katanya.
Pada bagian lain Erwin menegaskan HKTI bukanlah organisasi politik sehingga pengurusnya tidak boleh terlibat dalam politik praktis. “Tahun ini merupakan tahun politik, termasuk Lampung akan yang akan melaksanakan pilkada, untuk itu saya tegaskan kembali bahwa HKTI bukan untuk kepentingan politik praktis. Siapapun gubernur atau walikotanya pilihlah yang peduli kepada petani,” tegas Erwin.
Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan HKTI Provinsi Lampung Bachtiar Basri bertekad menjalankan program yang sesuai dengan HKTI Pusat yakni mencintai petani dengan menjalankan program nyata untuk petani. “Selama ini HKTI Lampung telah menjalankan program secara riil di lapangan di antaranya pupuk organik, air tanpa listrik serta produksi komoditas beras,” ujar Bachtiar. Menurut Bachtiar, pihaknya berkomitmen menjalankan program HKTI Pusat di Lampung untuk meningkatkan kesejahteraan petani.
Dalam kesempatan tersebut, Bachtiar juga memperkenalkan tiga produk untuk mendukung program HKTI Lampung yakni Koperasi HKTI,  motor keliling, serta media HKTI yakni tabloid dan website cakratani.com.
Asisten Bidang Pemerintahan Sekda Provinsi Lampung Heri Suliyanto yang hadir mewakili Gubernur Lampung mengatakan Pemerintah Provinsi Lampung menempatkan pembangunan pertanian menjadi prioritas utama setelah infrastruktur. Dalam tiga tahun terakhir ini, hasil pertanian Lampung terus meningkat, baik pada sektor padi maupun jagung.
Untuk jagung, Lampung bisa mencapai swasemba jagung lebih cepat dari target nasional pada 2018. Lampung menyumbang 8,59 persen produksi nasional. “Kita berharap HKTI Lampung bersama berpartisipasi dalam pembangunan di Lampung sesuai dengan kewenangan yang dimiliki,” ujar Heri. (Humas Prov)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here