BERBAGI

Sebagai upaya pelestarian budaya serta mempercantik perwajahan Kabupaten Lampung Tengah, bupati setempat membangun sejumlah icon daerah khas Lampung Tengah, seperti Tugu Gajah, Tugu Canang, Balai Adat, Masjid Istiqlal dan sejumlah icon lainnya.

Hal ini diungkapkan Bupati Mustafa usai meresmikan Masjid Istiqlal Bandarjaya, Jumat (2/2/2018). Menurutnya, pembangunan-pembangunan yang bersifat ikonik bertujuan untuk mengenalkan kebudayaan atau tagline-tagline khas Lampung Tengah.

“Kita sudah punya Tugu Pepadun yang menggambar singgasana raja khas Lampung pepadun, tugu kopiah emas merupakan ciri khas mahkota pengantin pria. Sekarang kita bangun Tugu Gajah yang menggambarkan 9 kebuayan yang ada di Lampung Tengah, tugu canang yang mengambarkan keseimbangan dan kesenian khas Lampung,” jelasnya.

Dia berharap dengan membangun icon-icon Lampung Tengah, masyarakat tidak melupakan sejarah dan lebih mengenal kebudayaan-kebudayaan Lampung. Karena dibalik icon yang dibangun, selalu ada filosofi dan nilai sejarah yang terkandung di dalamnya.

Upaya pelestarian kebudayaan juga dilakukan Mustafa dengan membangun 34 balai adat dari 9 kebuayan yang ada, yakni kebuayan Nunyai, Unyie, Subing, Nuban, Beliuk, Selagai, Anak Tuha, Nyerupo dan Pubian. Balai adat berperan sebagai laboratorium pengembangan kesenian dan kebudayaan yang ada di Lampung Tengah.

Tak hanya itu, upaya memperindah ibu kota kabupaten, tahun ini Mustafa juga Pemkab Lampung Tengah bakal membangun taman bermain dan ruang terbuka hijau (RTH) di Gunungsugih.

Rencananya sarana ini akan dilengkapi dengan public space mulai dari food court, taman rekreasi, olahraga dan sarana penunjang lainnya. “Akan kita garap Februari dan Insya Allah bisa diselesaikan pada Desember tahun ini, dakan saja,” pungkasnya.

Resmikan Masjid Istiqlal, Mustafa: You Can Pray, You Can Buy

Lokasi yang berdekatan dengan Plaza Bandarjaya, Bupati Mustafa berharap revitalisasi masjid Istiqlal Bandarjaya bisa menciptakan tempat ibadah dan rumah persinggahan yang nyaman bagi pengunjung.

“Konsepnya adalah you can pray dan you can buy, anda tak hanya bisa beribadah disini tetapi juga berbelanja. Karena masjid berdampingan dengan Plaza Bandarjaya. Kedepan akan ada rehab jilid 3, yakni pagar dipercantik dan akan dibangun rumah bersama,” ungkap Mustafa.

Mustafa berharap kedepan Masjid Istiqlal Bandarjaya menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat maupun pengendara yang melintasi kabupaten ini. “Kita akan jadikan Masjid ini Masjid Agung, dan menjadi kebanggaan masyarakat Lampung Tengah,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua masjid istiqlal Hi. Sofyanudin mengucapkan terima kasih kepada pemerintah setempat atas bantuan yang digulirkan. Dengan ada rehab dan pembangunan, diharapkan semakin meningkatkan kenyamanan para jamaah. (plp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here