BERBAGI

Satuan Lalu Lintas Polres Tanggamus memasang rambu jalan di dekat permukaan jalan yang turun pada pangkal Jembatan Way Sekampung, Pringsewu. Langkah tersebut untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Kanit Pendidikan Masyarakat dan Rekayasa Lalu Lintas Sat Lantas Polres Tanggamus Bripka Yuliansyah Idrus mengungkapkan, rambu itu sebagai peringatan agar pengendara mengetahui kondisi turunnya permukaan jalan pada pangkal jembatan.

“Demi terjaganya keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas, kami memasang rambu imbauan tersebut,” ujar Yuliansyah mewakili kasat Lantas Polres, Jumat (16/2).

Pihaknya mengidentifikasi adanya penurunan permukaan jalan setelah melakukan survei. Hasil survei menyatakan, terjadi penurunan permukaan jalan sekitar 15 cm pada pangkal duplikasi Jembatan Way Sekampung

Yuliansyah menjelaskan, titik turunnya permukaan jalan itu berpotensi mengganggu pengguna jalan. Khususnya, pengendara roda dua yang bisa kehilangan keseimbangan jika berkecepatan cukup tinggi. “Penurunan permukaan jalan sekitar 15 cm. Ada di pangkal jembatan dari arah Kecamatan Pringsewu,” katanya.

Atas dasar itu, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan satuan kerja terkait untuk upaya perbaikan. “Informasi dari warga, sudah ada beberapa pengguna jalan yang hampir jatuh melewati ruas jalan itu,” ujar Yuliansyah.

Yono (30), seorang pengendara, khawatir atas kondisi menurunnya permukaan jalan. Ia khawatir penurunan itu berpengaruh pada bangunan jembatannya. Termasuk, saat pengendara melintas.
Yono sendiri terkadang was-was saat melintas di jembatan yang peresmiannya berlangsung pada 31 Desember 2016. “Saya harap pemerintah cepat tanggap melakukan perbaikan,” katanya. (trb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here