BERBAGI

Jelang pemilu 2019 mendatang, kuota pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di 20 Kecamatan se-Bandar Lampung hingga Kamis (1/2/2018) petang, belum memenuhi syarat. Artinya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandar Lampung memperpanjang masa pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilu 2019 sampai hari, Jumat (2/2/2018) ini.

Hal ini dijelaskan, Ketua KPU Kota Bandar Lampung Fauzi Heri bahwa perpanjangan tersebut karena ada beberapa kecamatan yang belum memenuhi kuota.

“Seharusnya setiap kecamatan 6 pendaftar, karena yang kita terima hanya tiga, maka kita perpanjang sehari,” jelas Fauzi.

Namun, Fauzi optimis, hal itu akan terpenuhi, mengingat syarat pengunduran diri bagi PPK Pilgub yang ingin mendaftar menjadi PPK Pemilu telah dicabut. Karena hal itu tidak relevan dengan Keputusan KPU RI Nomor 31 tentang Petunjuk Teknis Pembentukan PPK, PPS, dan KPPS Dalam Penyelenggaraan Pemilu. Artinya, PPK Pilgub bisa mendaftar sebagai PPK pemilu.

“Sebelumnya kan KPU Bandar Lampung membuat syarat pengunduran diri bagi PPK Pilgub saat mendaftar. Syarat itu sudah kita cabut, karena tidak sesuai dengan Keputusan KPU RI Nomor 31,” ujarnya.

Oleh karena itu, ia pun memberikan kesempatan bagi PPK Pilgub yang ingin mendaftar sebagai PPK Pemilu 2019. “Dua hal itu yang menjadi pertimbangan kita untuk memperpanjang pendaftaran,” ucapnya.(plp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here