BERBAGI

Penjualan merupakan hal yang penting dalam sebuah bisnis baik individu maupun perusahaa. Karena jika anda memiliki penjualan yang bagus maka anda atau perusahaan anda bisa dibilang berhasil dan sukses karena memiliki pendapatan dan keuntungan yang besar.

Namun, dalam melakukan penjualan anda tidak bisa sembarangan melakukannya. Karena alih-alih mendapatkan untung justru bisa berakhir buntung jika anda salah langkah dalam melakukan penjualan.

Ada banyak teknik untuk dipilih, dan dengan latihan, pemilik usaha kecil dan staf penjualan mereka akan menemukan metode yang paling sesuai dengan gaya dan bisnis pribadi mereka. Dilansir dari halaman smallbusiness, berikut empat teknik sukses berjualan yang bisa anda lakukan :

1. Kelola Target Penjualan Secara Berkala

Dalam melakukan penjualan yang sukses, ada baiknya anda menetapkan target secara berkala. Seperti dengan menetapkan target setiap bulan atau bahkan per triwulan.

Dengan menetapkan target secara berkala, maka anda akan fokus mengejar target tersebut setiap harinya. Misalnya anda menetapkan target Rp1 juta per bulannya, maka anda akan berfikir setiap harinya untuk mengejar target tersebut. Semakin sempit waktu dan nominal yang anda targetkan maka akan semakin besar pula kemungkinan anda untuk sukses.

2. Tetapkan Tujuan Aktivitas

Anda harus menetapkan tujuan aktivitas oenjualan anda. Apa yang anda harus lakukan dalam waktu sebulan tersebut untuk bisa mencapai target.

Anda bisa mengevaluasinya setiap minggu setiap hari mengenai apa yang anda sudah lakukan. Misalnya dengan mempelajari berapa jumlah orang hang sudah anda tawari, atau berapa jumlah kontak yang sudah anda hubungi.

Gunakan angka-angka ini sebagai dasar untuk menetapkan tujuan kegiatan untuk aktivitas penjualan proaktif. Tinjau aktivitas Anda setiap minggu, dan evaluasi apa yang berhasil meningkatkan penjualan dan apa yang tidak.

3. Berikan Service Terbaik

Dalam melakukan penjualan, istilah pembeli adalah raja harus menjadi pedoman utama bagi anda. Perlakukanlah pembeli atau costumer anda selayaknya seorang raja.

Hal tersebut bertujuan agar costumer anda merasa nyaman berteansaksi dengan anda. Sehingga costumer atau pelanggan anda akan balik lagi membeli barang yang anda punya.

Jangan sekali-kali berperilaku bruk kepada cotumer anda. Karena sekali saja hal ersebjt terjadi, anda akan kehilangan banuak pelanggan akibat keluhan dari satu costumer yang menyebarkan kepada teman-temannya.

4. Lakukan Pemetaan Antara Pembeli dan “Barang Dagangan”

Anda harus melakukan perbandingan antara jumlah orang yang anda tawari dan jumlah yang membeli barang anda. Karena dengan hal tersebut anda bisa mengetahui seberapa jitu cara anda menjial barang kepada costumer.

Hal eraebut justru bisa menjadi cara paling efektif jika dibandingkan dengan anda harus membandingkan seberapa banyak anda mendapatkan nomor handphone dari pelanggan.

Dengan melakukan ini bahkan anda bisa mempelajari apa dan bagaimana cara anda memperbaiki sikap agar kedepannya jumlah orang dan barang yang anda jual bisa seimbang. (plp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here