BERBAGI

Kecamatan Pematang Sawa Tanggamus menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) tahun 2018 di Aula TPI Pekon Guring, Kecamatan Pematang Sawa, Selasa (13/2/2018) kemarin.

Hadir dalam acara tersebut Ketua Komisi Tiga DPRD Tanggamus, Bapeda, Dinas Pendidikan, Dinas Perikanan ,Dinas PMD,Dinas Perhubungan, Dinas Kelautan, Camat Pematamg sawa, UPT, Uspika, Kakon se-Kecamatan Pematang sawa, Anggota BHP, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Tokoh Pemuda.

Camat Pematang Sawa ,Wawan Haryanto, S.STP..MH dalam sambutanya mengatakan, bahwa Musrenbang tingkat kecamatan ini adalah kelanjutan dari Musrembang tingkat pekon yang telah dilaksakan berapa waktu yang lalu. Bertujuan untuk menindaklanjuti usulan-usulan yang tidak bisa dicover oleh dana desa. Dimana usulan-usulan dari hasil Musrenbang pekon itu sudah direkap dengan skala prioritas mendahulukan yang lebih mendesak dan dibutuhkan oleh masyarakat.

“Pematang Sawa masih sangat membutuhkan pembangun infrastruktur, salah satu di antaranya adalah akses jalan ke pekon-pekon ujung Kecamatan Pematang Sawa melanjutkan program TMMD tahun 2016 lalu sepanjang 5 km, tujuan untuk membuka keterisoliran 8 pekon yang ada di wilayah selatan sehingga dengan adanya jalan ke wilayah itu akan memudahkan masyarakat di wilayah 8 pekon tersebut untuk membawa hasil bumi mereka untuk dijual untuk meningkatkan kesejahteraan mereka. Selain itu juga dengan dibukanya jalan otomatis program-program pemerintah yang lain pasti akan segera menyusul terutama untuk program pariwisata itu, dikarenakan di wilayah Kecamatan Pematang sawa juga mempunyai potensi wisata yg luar biasa namun blm terekspose dikarenakan belum ada akses kesana,dengan begitu status pekon-pekon di wilayah selatan tidak menjadi pekon tertinggal lagi dan masyarakat di wilayah selatan dapat merasakan pemerataan pembangunan,” paparnya di hadapan Tim Musrembang Kabupaten.

Pada tahun 2017 lalu, kata Wawan, Camat Pematang Sawa telah menyampaikan melalui proposal dan mengusulkan kepada Bupati Tanggamus untuk meneruskan akses jalan ke arah delapan pekon di wilayah selatan Pematang Sawa ini, akan tetapi sampai saat belum direalisasikan.

Kecamatan Pematang Sawa, jelas Camat Wawan, adalah wilayah pekon tertinggal,itu dikarenakan variabel pertama penilaian desa tertinggal adalah insfrastruktur. Oleh sebab itu, Wawan berharap Pemerintah Kabupaten Tanggamus memprioritaskan pembangunan di Kecamatan Pematang sawa ini, supaya Pekon-Pekon di Kecamatan ini tidak lagi menyandang predikat Pekon tertinggal.

“Kecamatan Pematang Sawa tahun 2018 ini mendapat program penambahan aliran listrik dari PLN untuk Pekon-Pekon yang ada diujung Kecamatan, namun hal tersebut tidak bisa diwujudkan itu dikarena PLN akan masuk apabila ada akses jalan tembus ke lokasi,” ungkapnya.

Menanggapi keluhan yang disampaikan masyarakat dan kepala pekon seperti akses jalan yang belum bisa menjangkau semua pekon, sarana pendidikan yang kurang memadai, terbatasnya daya jangkauan petugas medis. Ketua Komisi III DPRD Buyung Zainuddin akan berupaya dan mendukung usulan tersebut supaya Pemerintah Kabupaten Tanggamus segera merealisasikannya.

Buyung menambahkan, secara umum penyelenggaraan Musrembang Kecamatan ini ditujukan untuk menampung aspirasi dan masukan kegiatan pembangunan dari Masyarakat ditingkat wilayah yang diseleraskan dengan rencana rencana pembangunan yang sedang disusun oleh pemerintah daerah baik yg bersifat sektoral maupun kewilayahan.

“Kecamatan Pematang Sawa ini adalah daerah tertinggal, ini keharusan pemerintah Kabupaten Tanggamus memprioritaskan pembangunan didaerah ini.saya beserta Tim Musrenbang Kabupaten akan memprioritaskan pembangunan infrastruktur di Kecamatan Pematang sawa ini. Kami akan merencanakan pembangunan dan membahasnya di Komisi Tiga DPRD semoga di tahun 2019 nanti bisa direalisasikan” tutupnya.

Selanjutnya hasil Musrembang kecamatan ini dijadikan bahan penyusunan rencana kerja perangkat daerah (Renja – PD) yang merupakan tahapan awal dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah ( RKPD).(plp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here