BERBAGI

Bandar Lampung,(Ekstranews.com) – Komisi Pemilihan Umum Lampung menetapkan debat kandidat Pilgub Lampung 2018 dalam lima segmen.
Debat kandidat perdana akan berlangsung pada 7 April mendatang di Hotel Novotel, Bandar Lampung, mulai pukul 20.00 WIB.

KPU Lampung telah menyosialisasikan lima segmen debat ini dalam rapat bersama liaison officer (penghubung) empat pasangan cagub-cawagub di kantor KPU, Selasa (27/3/2018).

“Lima segmen debat kandidat perdana di Hotel Novotel. Segmen pertama, penyampaian visi misi,” kata anggota KPU Lampung Sholihin usai rapat.

“Lalu, segmen kedua, pendalaman visi misi. Pada segmen kedua ini, moderator bertanya kepada paslon. Pertanyaan dibuat oleh tim pakar,” paparnya.

Segmen ketiga, jelas Sholihin, adalah segmen mencari solusi.

“Segmen ketiga, problem solving. Calon disodorkan persoalan kekinian yang menyangkut tema, kemudian calon menjawabnya. Ini juga tim pakar yang membuatnya,” ujar Sholihin.

“Pada akhir segmen ketiga, ada pertanyaan cepat. Calon ditanya, kemudian calon menjawab dengan cepat,” imbuhnya.

Sementara segmen keempat adalah segmen pertanyaan antarcalon. Untuk menghindari pertanyaan yang tendensius, maka KPU akan mengundi siapa akan bertanya kepada siapa.

“Diundi untuk saling bertanya, sehingga dijamin tidak tendensius; siapa bertanya kepada siapa,” jelas Sholihin.

“Misalnya, calon nomor satu dapat undian bertanya kepada calon nomor empat. Nanti calon nomor empat bertanya kepada calon nomor satu,” terangnya lagi.

Adapun segmen kelima adalah pernyataan penutup.

“Dari lima segmen ini, punya calon ada tiga segmen; pertama, keempat, dan kelima. Domain KPU pada segmen kedua dan ketiga, menyiapkan pertanyaan melalui dewan pakar,” jelas Sholihin.(trb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here