BERBAGI

Bandar Lampung,(Ekstranews.com) – SBAI adalah sebuah konsorsium sepakbola usia muda yang sering menyelenggarakan kegiatan sepakbola secara nasional dan mengirim bakat-bakat muda sepakbola ke beberapa turnamen di Asia maupun Eropa. Tercatat beberapa kali menjuarai turnamen-turnamen tersebut, diantaranya Timnas U-13 SBAI Garuda Jaya menjadi Juara III Barcelona Cup di Spanyol (2016), Timnas U-13 SBAI Garuda Jaya menjadi Juara II Borneo Cup di Kinabalu Sabah Malaysia, Timnas U-14 SBAI Garuda Jaya menjadi Juara I Barcelona Cup di Spanyol (2017), Timnas U-14 SBAI Garuda Jaya menjadi Juara I Borneo Cup di Kinabalu Sabah Malaysia (2017).

Di dalam pencapaian prestasi internasional SBAI tersebut ada dua pesepakbola muda Lampung yang ikut andil, yaitu: Rio Helmi Saputra dan Aryo Imaduddin Dzaky.

Koordinator SBAI Wilayah Lampung Ir. Ivan Sumantri Bonang mengatakan, SBAI (Sepak Bola Anak Indonesia) merupakan mitra Kemenpora dan PSSI, pada tahun ini kembali menggelar turnamen putaran nasional kelima untuk U-12 dan U-14. Turnamen ini adalah sebuah kegiatan sepakbola berskala nasional yang bersifat pembinaan dan seleksi untuk Timnas SBAI, selain itu bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada para pesepakbola muda di tanah air unjuk gigi hasil latihan di daerahnya masing-masing.

“Kegiatan ini akan diselenggarakan di Stadion Cendrawasih Cengkareng Jakarta Barat pada tanggal 28-31 Maret 2018. Turnamen ini akan diikuti oleh tim dari berbagai daerah di Indonesia,” ujarnya melalui pesan elektronik yang diterima Portallampung.co, Minggu (25/3/2018) siang.

Ivan menjelaskan, untuk U-12 akan diikuti oleh 16 tim, yaitu: SSB Indonesian Rising Star (DKI Jakarta), SSB Porsila (Aceh), SSB Mayang Putra (Aceh), SSB PPLDP (Manado, Sulawesi Utara), SSB Mandala (Majalengka, Jawa Barat), SSB Pandawa (Jawa Timur), Akademi Persebaya (Jawa Timur), SSB Mabar Putra (Sumatera Utara), SSB Karisma (Sumatera Utara), SSB Bina Muda (Padang, Sumatera Barat), SSB Brandon (Padang, Sumatera Barat), SSB Kembar Muda (Kalimantan Timur), SSB Tugu Muda (Semarang, Jawa Tengah), SSB Mandala (Bali), SSB Kampar United (Riau), dan SSB YONIF 143 (Lampung).

Untuk U-14, lanjut Ivan, akan diikuti oleh 9 tim, yaitu: SSB Indonesian Rising Star (DKI Jakarta), SSB Muara Gayo (Aceh), SSB Young Guns United (Bandung, Jawa Barat), SSB Mandala (Majalengka, Jawa Barat), SSB Puma (Jawa Timur), SSB Kembar Muda (Kalimantan Timur), SSB Tugu Muda (Semarang, Jawa Tengah), SSB Kampar United (Riau), dan SSB Gajah Mada (Lampung Timur, Lampung)

“SSB YONIF 143 U-12 (Lampung) akan diawaki oleh 12 anak, yaitu: Axcel Deni F., M. Bayhaqi, Danish Akha FW., Fahri Nur Fatikh, M. Haikal A., Andhika PR., Agil JK., M. Farrel Ramadhan, M. Ardo Alaziz, Nabil Sadewa, Rangga DP, dan Arya Sheva. Pembina SSB YONIF 143 adalah Letkol Inf. Arman Aris Sallo (Danyonif 143/TWEJ) dan Lettu Inf. Riswanto (Dankiban Yonif 143/TWEJ). Pelatih: A. Fatoni dan M. Hanapi,” ucapanya,

“SSB Gajah Mada U-14 (Lampung) akan diawaki oleh 18 anak, yaitu: Aryo Bagus Kristian Sunugroho, Dimas Yudi Ananda, Imam Maulana, M. Reza Satria, M. Aryono Siraj, Dio Agung Novriansyah, Galang Yuli Ardiansyah, Andre Yudhatama, Weivin Kurniawan Susanto, Bima Afifara, M. Farid Abdillah, Wahyu Saputra, Aryo Imaduddin Dzaky, Roy Dimas Kurniawan, Azen Roben Janata, Yuki Yama, Mada Kautsar Perdana, dan Rega Abid Pratama. SSB Gajah Mada diketuai oleh drg. Catur Sunugroho dan dibina oleh Ir. Anang Prihantoro (Anggota DPD RI asal Lampung). Pelatih: Agus Djoyodiharjo dan A. Fatoni,” urainya.

Ivan mengharapkan, pesepakbola muda asal Lampung dapat memanfaatkan ajang ini untuk menunjukkan kemampuannya, memetik pengalaman berharga, dan dapat memberikan permainan terbaiknya sehingga bisa memperbaiki diri masing-masing bila kelak ingin menjadi pemain sepakbola profesional,” pungkasnya.(plp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here