BERBAGI

Pugung,(Ekstranews.com) – Lantaran sungai di Dusun Kayuhubi Pekon Sumanda kecamatan Pugung meluap pada Jumat (9/3) lalu, puluhan rumah warga yang berada tidak jauh dari lokasi setempat terendam air setinggi 50 cm.

Kepala Pekon Sumanda, Suhaibi menjelaskan hujan pada Jumat sore kemarin membuat debit air di sungai way gading menjadi tinggi sehingga meluap masuk kejalanan dan rumah warga.
“Banjir kemarin menjelang mahgrib, sekitar sejam meluap ke rumah warga dusun Kayuhubi sekitar 50 cm. Alhamdulillah bapak-bapak polisi dan TNI membantu warga, kami ucapkan terima kasih,” katanya.
Menurutnya, penyebab meluapnya air sungai diduga kecilnya saluran irigasi bendungan di sungai tersebut. “Untuk bendungan sendiri tiap tahun dikontrol dan diperbaiki, namun sayangnya saluran irigiasi tidak maksimal. Itulah penyebab luapan,” terangnya.
Dan upaya kedepan agar tidak terjadi lagi luapan banjir kata dia pihaknya bersama warganya akan berkoordinasi dengan dinas pekerjaan umum (PU)Tanggamus dan akan berupaya memperbaiki saluran irigasi sehingga jika terjadi debit air tinggi, air dapat masuk saluran irigasi dengan baik. “Kedepannya kami upayakan bersama warga dan perangkat pekon memperbaiki saluran irigasi.” jelasnya.
Terpisah Kapolres Tanggamus AKBP Alfis Suhaili, mengungkapkan, Berdasarkan data di lapangan tinggi debet air bercampur lumpur mencapai 50 cm.Tidak ada korban jiwa mapun materil atas peristiwa tersebut.
Namun, lanjut Kapolres saat terjadi luapan sepeda motor yang melintas harus digotong karena banyaknya lumpur memenuhi jalanan. “Bisa terlihat kebersamaan kepolisian, TNI dan masyarakat membantu mengangkat sepeda motor warga yang melintas,” ujarnya. (nda)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here