BERBAGI

Ekstranews – Gelar sarjana tidak selalu menjamin kamu akan langsung mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah, lho. Selain karena persaingan di dunia kerja yang sangat ketat, kebiasaan buruk sejak masih jadi mahasiswa juga bisa mempersulit kamu untuk bersaing dengan pencari kerja lain.

Ubah kebiasaan buruk kamu dan terapkan hal berikut agar tidak kalah saing dengan ribuan jobseekers di luar sana.

Rencanakan masa depanmu dari sekarang

Sampai sekarang, masih ada mahasiswa yang kesulitan mencari kerja karena belum bisa memutuskan apa yang harus mereka lakukan setelah kuliah. Untuk menghindari ini, ada baiknya kamu mulai rencanakan masa depanmu dari awal kuliah atau bahkan sebelum kamu memilih jurusan. Melangkah dengan rencana tentunya akan memudahkan kamu menentukan kemampuan-kemampuan yang perlu kamu tingkatkan.

Pahami jurusan yang kamu pilih

Pahami dengan baik apa yang bisa kamu dapatkan dari jurusanmu dan bagaimana prospek kerjanya. Daya jualmu bisa bertambah dengan ilmu yang benar-benar kamu pahami. Ini juga bisa membantumu agar tidak merasa salah pilih jurusan. Daripada sudah setengah jalan lalu mengulang lagi, bukannya lebih baik kamu berpikir dengan cermat sebelum memilih?

Keep up to date

Ilmu pengetahuan selalu berkembang. Di dunia kerja, pengetahuan baru ini akan sangat berguna untuk membuat karyawan dan perusahaan berkembang sesuai perkembangan zaman. Dengan alasan ini, hampir semua perusahaan mencari karyawan baru yang memiliki pemikiran terbuka dan selalu up to date. Mulailah tambah pengetahuanmu. Sudah banyak pengetahuan yang bisa diakses lewat ponsel, jadi kamu bisa tetap up to date dimanapun dan kapanpun.

Punya banyak kenalan itu penting

Punya banyak kenalan ternyata banyak manfaatnya, lho. Selain mempermudah mendapatkan informasi lowongan kerja, jaringan pertemanan yang luas juga bisa jadi salah satu pertimbangan perusahaan untuk bekerja dengan kamu. Apalagi jika posisi yang kamu tuju memang membutuhkan seseorang dengan koneksi luas.

Harus tetap fokus kuliah

Aktif membangun jaringan pertemanan dan mengasah softskill itu memang perlu, tapi kamu harus tetap fokus kuliah. Kurang fokus pada perkuliahan akan membuatmu sulit menangkap materi kuliah dan mempersulitmu untuk bersaing dengan jobseeker lain. Jadi, kuliah dan aktivitas sosial harus tetap seimbang ya.

Biasakan belajar secara rutin

Salah satu hal yang sering dilakukan mahasiswa zaman now adalah hanya belajar menjelang ujian, bahkan ada yang baru belajar ketika mengerjakan skripsi. Kamu salah satunya? Ubah kebiasaan kamu dari sekarang dan biasakan belajar secara rutin. Selain mengurangi beban belajarmu di akhir semester, rutin belajar juga bisa melatih kedisiplinan kamu. Di dunia kerja, karyawan yang disiplin akan lebih unggal dari karyawan lain.

Jika kamu fokus dan tekun menjalani kuliahmu, sukses mencari kerja juga akan lebih mudah tercapai, Sobat. Ingatlah bahwa kesuksesan merupakan sebuah proses yang panjang. (plp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here