BERBAGI

Lampung Utara, (ekstranews.com) – Komisi pemilihan umum kabupaten Lampung Utara menggelar rapat pleno penetapan daftar pemilih tetap, Untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur Lampung, serta Rabu (18/4). 

Marthon mengatakan proses dimulai dari pengunduhan dari aplikasi Sidalih untuk di pemutakhiran (pencocokan dan penelitian). Ditetapkan daftar pemilih sementara, selanjutnya dilakukan pencermatan, apabila ditemukan tidak terdaftar untuk disampaikan kepada jajaran KPU disertai kelengkapan fotokopi KTP.

Jika terdapat kesalahan, bisa diperbaiki melalui PPS hingga KPU. Apabila ada aduan, akan ditindak lanjuti untuk diperbaiki. Hal ini di sebut dengan daftar hasil sementara hasil perbaikan Yang diplenokan. 

Pemilihan tahun ini berbeda, dalam Undang-undang didasarkan memiliki EKTP. Diperkenankan sistem Sidalih, yang punya indikator memiliki data lengkap untuk dijadikan dasar pemilihan.

Jumlah daftar pemilih yang diplenokan berjumlah 418.420 orang, rinciannya memilih laki-laki sebanyak 212.658 orang. Sedangkan perempuan berjumlah 205.762 orang.

Daftar pemilih tetap mengalami penurunan dibandingkan dengan daftar pemilih sementara yang jumlahnya 448.782 orang. “Ada pengurangan 30.362 orang,” katanya.

Hal ini disebabkan karena pada saat pemeriksaan oleh petugas pencocokan dan penelitian, ada warga yang tidak mempunyai E KTP.

Kemudian ditemukan kegandaan, seperti nama, alamat, tentunya akan dicoret dari daftar pemilih. pemilih tidak dikenal oleh lingkungan, maka ini juga akan dilakukan pencoretan dari daftar mata pilih. Serta juga ada temuan ganda NIK, tetapi hal ini dapat diperbaiki.(trb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here