BERBAGI

Tanggamus, (Ekstranews.com) – Asisten III Bidang Administrasi Kabupaten Tanggamus Firman Rani didampingi Sekretaris Dinas Pariwisata resmi membuka Pelatihan Pembuatan Souvenir pada masyarakat dilokasi obyek wisata ekonomi kreatif, di Aula Hotel 21 Gisting, Kecamatan Gisting, Kamis ( 19/4/2018) kemarin.

Dalam sambutan Pj Bupati Tanggamus diwakilkan kepada Asisten III Bidang Administrasi Firman Rani menyampaikan, bahwa sebagai upaya dalam promosi pariwisata, seni budaya dan ekonomi kreatif Pemerintah Kabupaten Tanggamus melalui Dinas Pariwisata mengharapkan kegiatan yang menunjang dan tepat sasaran demi untuk peningkatan investasi daerah, promosi hasil unggulan, menarik wisatawan dan investor, mengembangkan objek wisata, informasi dan kegiatan yang atraktif demi peningkatan kesejahteraaan dan pembangunan dalam masyarakat.

“Untuk mendorong kemajuan pariwisata dan peningkatan ekonomi kreatif yang tangguh, perlu adanya program-program pelatihan industri ekonomi kreatif. Sebagaimana langkah-langkah untuk meningkatkan kreativitas yang akan menunjang perekonomian masyarakat melalui pelatihan pembuatan souvenir ekonomi kreatif yang salah satunya adalah pembuatan kerajinan dari kain yang bisa dibentuk menjadi sebuah karya yang indah dengan harga jual yang bersaing,” ujarnya.

Pelatihan pembuatan souvenir ekonomi kreatif ini, kata Firman, merupakan pelatihan yang berbasis keterampilan yang harus didasarkan dengan kearifan lokal budaya dan tradisi masyarakat. Kerajinan dari kain dan beberapara kerajinan lain yang bahan dasarnya mudah didapat disekeliling kita dan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya.

“Dengan melalui pelatihan ini Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus menginginkan kepada para peserta pelatihan tidak hanya datang, duduk dan mendengarkan materi saja namun dapat mengembangkan dan memasarkan hasil karya ini sebagai produk unggulan dan souvenir khas dari Kabupaten Tanggamus,” ungkapnya.

Sementara Sekretaris Dinas Pariwisata H. Eko Triyono, SP.MM yang mewakili Kepala Dispar, beliau sampaikan juga Dasar Penyelenggaran kegiatan ini adalah , UU No. 10 Tahun 2009 ttg Kepariwisataan. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2015 ttg Perubahan atas peraturan Presiden nomor 6 tahun 2015 ttg Badan Ekonomi Kreatif.

“Tujuanya untuk menambah keterampilan untuk meningkatkan taraf ekonomi dan kesejahteraan bagi kelompok sadar wisata masyarakat sekitar objek wisata. Peningkatan pengetahuan Pengelolaan keuangan kelompok masyarakat khususnya pengelolaan Manajemen ekonomi bergulir. Serta peningkatan pengetahuan dan akses bagi masyarakat dilokasi obyek wisata dalam rangka menjalin kerja sama dengan mitra usaha,” kata dia.

Masih kata Firman, selanjutnya sasarannya adalah kelompok sadar wisata dapat berkiprah dalam pengembangan wisata di Kabupaten Tanggamus yang melalui kegiatan ekonomi kreatif menuju kelompok yang mandiri dan tangguh.

Peserta pelatihan ini berjumlah 50 Orang yang berasal dari 21 kelompok sadar wisata yang tersebar di Kabupaten Tanggamus yaitu, Kelompok Sadar Wisata Penggawa Kec. Kelumbayan sebanyak 2 orang. Kelompok Sadar Wisata Way Lalaan Kec. Kotaagung Timur 2 orang. Pokdarwis Sukaraja Kec. Semaka 2 Orang. Pokdarwis Sidokaton Kec. Gisting 2 orang. Pokdarwis Sukamaju Kec. Ulu belu 2 Orang. Pokdarwis Pesangun Kec. Kelumbayan 2 Orang. Pokdarwis Teluk Paku Kec. Ulu Belu 2 Orang. Pokdarwis Batu Kebau Kec.Kelumbayan 2 Orang. Pokdarwis Pesesekh Khikit Kec. Pematang Sawa 2 Orang. Pokdarwis Wana Wisata Laya Lestari Lebuay Kec. Air Naningan 2 Orang, dan lainya.

Turut hadir Sekretaris Dinas Pariwisata H. Eko Triyono, SP. MM. Sekcam Gisting Royihan,SE. Rizki Julianto, narasumber BRI Unit Gisting, Tenaga Penyuluh Lapangan Industri Kecil dan Menengah Kementrian Perindustrian Prov. Lampung, Sinta dari Keripik Sinta, serta para peserta pelatihan pembuatan souvenir pada masyarakat dilokasi obyek wisata.(plp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here