BERBAGI

Pringsewu,(Ekstranews.com) – Kepolisian Resor (Polres) Pesawaran dan jajarannya menyita 480 liter tuak dan 218 botol minuman keras (minuman beralkohol), dalam razia yang dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut, 13-15 April 2018 di tempat yang berbeda.

Razia itu menyasar penjualan minuman beralkohol tanpa izin. Kepala Polres Pesawaran AKBP Saeful mengungkapkan, razia awal mula dilaksanakan oleh Satuan Petugas (Satgas) gabungan Polres Pesawaran.

Petugas melaksanakan razia di Desa Way Harong dan Desa Cimanuk Kecamatan Way Lima. Serta Desa Pujo Rahayu Kecamatan Negri Katon Kabupaten Pesawaran. Pada beberapa tempat ini diamankan sebanyak 450 liter minuman beralkohol tradisional jenis tuak.

“Tuak yang diamankan terdiri dari dua bak besar, delapan jeriken dan enam teko minuman tuak. Juga dua kantung plastik kayu tuak,” ujar Saeful, Senin (16/4).

Tidak hanya itu, ada lima orang penjual yang turut diamankan. Yakni SA (44), dan FA (60), warga Kecamatan Way Lima, HA (53) dan SI (59) warga Kecamatan Gedongtataan dan MU (35) warga Kecamatan Negri Katon.

Sehari setelahnya, 14 April 2018, satgas Polres Pesawaran kembali merazia di warung RU Desa Way Harong Kecamatan Kedondong. Petugas mendapati 209 botol minuman beralkohol. Rincinya 162 botol besar merk sampurna, 39 botol kecil merk sampurna dan delapan botol besar merk mcdonald.

Selanjutnya, 15 April 2018, razia dilaksanakan oleh Polsek Padang Cermin di Kecamatan Way Ratai yang berhasil mengamankan sembilan botol minuman beralkohol merk sempurna dan 30 liter minuman tradisional jenis tuak.

Barang bukti hasil razia diamankan di Mapolres Pesawaran. Sementara terhadap penjual dan pembeli dilakukan pendataan serta pembinaan.

Razia ini dalam rangka mengantisipasi banyaknya korban meninggal yang diakibatkan oleh minuman beralkohol oplosan seperti di Jawa Barat. Selama razia, petugas tidak menemukan oplosan di Bumi Andan Jejama.

Kepolisian Resor Pesawaran menunjukkan barang bukti minuman beralkohol botolan yang berhasil disita dari sejumlah penjual tak berizin(trb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here