BERBAGI

Pringsewu,(Ekstranews.com) – Bupati Pringsewu Sujadi meminta kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di jajarannya segera menindaklanjuti kerjasama dengan kedutaan besar (dubes) yang sempat berkunjung ke Bumi Jejama Secancanan.

Sujadi menuturkan bahwa dalam kunjungan enam dubes dari negara sahabat itu, sempat memperkenalkan Bumi Jejama Secancanan dan memperkirakan apa saja yang bisa ditindaklanjuti.

“Ada beberapa dubes, seperti Uzbekistan, kemudian Kamboja itu ada beberapa hal yang sama (dengan Pringsewu), dari sisi kebudayaan dari sisi pertanian, sehingga memungkinkan adanya pertukaran kerjasama,” tuturnya, Senin (2/4) usai rapat istimewa paripurna HUT Pringsewu ke 9.

Ia mencontohkan, Kamboja menginginkan perkembangan pertanian. Demikian juga kebudayaan dalam hal kerukunan umat beragama itu sangat menimbulkan kesan bagi para dubes yang hadir.

Ia menuturkan dalam bidang pertanian bisa saja Dinas Pertanian melalui Kementrian Luar Negeri juga Provinsi Lampung dapat menindaklanjuti itu. Misalkan, dalam bidang pertanian ini Kabupaten Pringsewu bisa menyediakan bibit.

Atau, lanjut dia, mungkin bidang teknologinya di wilayah para dubes tinggal lebih canggih sehingga bisa didatangkan ke Bumi Jejama Secancanan. “Artinya semua harus siap, pintu sudah dibuka, semua tinggal mendukung,” ujarnya.(trb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here