BERBAGI

Ekstranews.com – Membuat Curiculum Vitae (CV) adalah salah satu bagian yang paling memakan waktu untuk melamar pekerjaan atau magang. Kamu pasti ingin menyiapkan CV yang paling baik bahkan mempercantiknya dengan design yang profesional.

Selain itu, setelah kamu mengirimkannya, kamu tidak bisa menariknya kembali. Itu sebabnya kamu harus memastikan CV yang kamu buat sempurna. Nah, untuk menyempurnakan CV-mu dirilis dari laman Her Campus berikut beberapa kiat rahasia agar CV-mu semakin

1. Periksa lagi

Dalam membuat CV, hindari kesalahan seperti ejaan, tata bahasa, tanda baca, dan kesalahan ketik lainnya. Biasanya setelah kamu selesai membuat CV kamu akan terburu-buru untuk mengirimkannya atau pun menyimpannya tanpa melihatnya lagi. Cobalah hindari kesalahan tulisanmu dengan memeriksanya kembali, atau meminta teman-mu membaca surat lamaran sebelum mengirimnya.

 2. Perhatikan pekerjaan yag kamu lamar

Jika nanti kamu melamar pekerjaan, mungkin akan ada puluhan lamaran pekerjaan yang memungkinkan untuk kamu lamar. Nah, apalagi dengan kecanggihan teknologi sekarang yang memudahkanmu untuk melamar pekerjaan dengan hanya sekali klik saja. Tapi harus kamu tahu, bahwa CV ataupun surat lamaran yang kamu buat mugkin tidak cocok untuk jenis pekerjaan tertentu. Jadi, kamu harus jeli dalam membuat CV dengan menggambarkan bagaimana kamu memenuhi syarat untuk pekerjaan yang akan kamu lamar nanti.

3. Personal Branding

Mungkin milenial sudah tidak asing lagi dengan istilah ini, personal branding adalah bagaimaa kamu memasarkan diri kamu sendiri atau menciptakan merek pada diri kamu. Mungkin kamu sudah menerapkannya di dalam media sosialmu, misalnya kamu suka traveling, atau pecita alam mungkin fotomu berisi kegiatan travelingmu. Dan terciptalah bahwa kamu adalah seorang traveler. Membuat CV juga harus seperti itu sehingga pewawancara akan melihat bagaimana kamu dengan lebih spesifik.

Jadi jangan membuang-buang kertas CV dengan hal-hal yang tidak perlu. Contohnya kamu ingin bekerja sebagai jurnalis olahraga, kamu harus menuliskan profil bagaimana ketertarikanmu degan jurnalistik. Kemudian menulisakan kegiatan jurnalitikmu di kampus, serta menuliskan ketertarikanmu di bidang olahraga untuk menunjangnya, jangan menuliskan bahwa kamu suka memasak karena tidak akan nyambung.

Nah, menulis surat lamaran memang membutuhkan waktu, pikiran, dan kesabaran yang lebih. Jadi, kamu harus semangat untuk membuat CV.

Semoga berhasil! . (plp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here