BERBAGI

Ekstranews.com, Lampung Tengah – Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah serahkahkan Bantuan kepada 100 orang warga binaan pada 2 Kampung dalam 2 Kecamatan di Lampung Tengah pada Program Peningkatan Peran Perempuan Menuju Keluarga Sehat Sejahtera atau yang sering disingkat Program Terpadu P3-KSS.

Kedua Kampung tersebut masing-masing  Kampung Banjar Kartarahayu, Kecamatan Way Pangubuan dan Kampung Padang Rejo, Kecamatan Pubian.

Plt Kepala Dinas Perlindungan Perempuan dan Anak Merry  mewakili Plt Bupati Lampung Tengah, Loekman Djoyosoemarto selaku Pembina Program Terpadu P3-KSS Lampung Tengah, mengatakan masih adanya permasalahan yang dihadapi perempuan yaitu salah satu diantaranya masih rendah dan belum setaranya kualitas hidup perempuan dengan laki-laki serta rendahnya ekonomi dan masih adanya juga kemiskinan perempuan.

Maka untuk mengatasi hal ini agar tidak ada lagi kesenjangan Pemerintah mencetuskan Program Terpadu P3-KSS. Program Terpadu P3-KSS ini adalah Program Peningkatan Peran Perempuan yang mempergunakan Pola pendekatan lintas bidang pembangunan secara terkoordinasi yang diarahkan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga guna mencapai tingkat hidup yang berkualitas.

Dilandasi Hukum dan Undang-undang antara lain UU No 25 Tahun 2000, yaitu laki-laki dan perempuan memiliki peran dan tanggung jawab yang sama dalam pengelola pembangunan.

Inpres No 9 Tahun 2000 Tentang Pengarusutamaan Gender; Keputusan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan No 41/kep/Meneg.pp/viii/2007, Tanggal 31 Agustus 2007, Tentang Pedoman Umum Revitalisasi Program Terpadu P2-WKSS; serta Surat Keputusan Bupati Lampung Tengah Tentang Petunjuk Pelaksanaan Program Terpadu P3-KSS.

Sedangkan tujuan program Terpadu P3-KSS adalah meningkaykan status kesehatan dan pendidikan kaum perempuan, meningkatkan keterampilan dan pengetahuan perempuan dalam usaha ekonomi produktif, meningkatkan partisipasi perempuan dalam pelestarian lingkungan hidup, serta meningkatkan peran aktif perempuan dalam pengembangan masyarakat, dan meningkatkan wawasan kebsngsaan, papar Merry.

Sementara itu, Plt Ketua TP PKK Lampung Tengah Ny.Hj.Elya Lusiana Loekman D, dalam arahannya mengatakan, di zaman yang serba moderen ini sudah selayaknya peranan perempuan sebagai mitra sejajar pria perlu terus ditingkatkan agar mampu memberikan sumbangan yang besar dalam berbagai bidang pembangunan.

Saat ini, lanjut Elya berbagai permasalahan yang menimpa bangsa tentunya juga akan menyebabkan peningkatan pengangguran yang berpotensi pada bertambahnya jumlah penduduk miskin yang sangat berimplikasi pada buruknya kesehatan masyarakat.

“Ini ditandai dengan masih dijumpainya status gizi buruk serta rendahnya kondisi rumah betkualifikasisehat. Ini menunjukkan bahwa kaum perempuan berpotensi untuk serta mensejahterakan keluarga khususnya dan bangsa umumnya,” ujarnya.

Untuk itu, lanjut dia, kepada seluruh warga binaan dan kelompok binaan P3-KSS yang memperoleh bantuan pihaknya minta untuk dapat memanfaatkan berbagai bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya, lebih jauh dia berharap agar seluruh warga binaan lebih meningkatkan lagi kegiatannya tanpa atau ada lomba sekalipun, karena yang memetik manfaatnya tentunya warga binaan itu sendiri,” tegasnya.

Adapun bantuan yang diberikan kepada 100 orang Warga Binaan pada Kampung Banjar Karta Rahayu, Kecamatan Way Pangubuan adalah sebagai berikut ksmbing 22 ekor, mesin jahit 10 unit, bibit kelapa 100 batang, bibit kakao 100 batang, kompor gas 100 unit, kaos 125 buah, buku 25 buah, iqro 15 buah, Alquran 15 buah, APE 1 paket, perslatan membuat kue 1 paket serta bibit sayuran.

Sedangkan untuk 100 orang warga binaan yang ada di Kampung Padang Rejo, Kecamatan Pubian bantuan yang diberikan adalah bibit kelapa 100 batang, bibit kakao 100 batang, kompor gas 100 unit, kaos 125 buah, buku 25 buah, Iqro 15 buah, Alquran 15 buah.(advetorial)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here