BERBAGI

Bandar Lampung,(Ekstranews.com) – Direktur eksekutif Rakata Institute Eko Kuswanto menyakatan kesiapan mereka melakukan hitung cepat Pilgub dan Pilkada dua kabupaten di Lampung.

“Mumpung belum sibuk, data masih nol persen kita foto dulu,” kata Eko di Hotel Emersia, Bandar Lampung, Rabu 27 Juni 2018.

Dari Pilkada Lampung Utara, Pilkada Tanggamus dan Pilgub Lampung, Rakata mulai melakukan hitung cepat.

Data pertama masuk Pilkada Tanggamus baru sebesar 0,7 persen.

Data sementara menunjukkan pasangan Dewi Handajani – AM Syafi’i 35,58% dan pasangan Samsul Hadi – Nuzul Irsa 64,42%.

“Ini baru data pertama yang masuk, Pilkada Lampung Utara dan Pilgub Lampung belum masuk. Kami akan update data selanjutnya setiap 5 persen data masuk,” kata Manager Riset Rakata Institute, Yuli Harmoko.

Direktur Eksekkutif Rakata Institute Eko Kuswanto memastikan kesiapannya untuk merilis hitung cepat.

“Rakata Institute telah berpengalaman selama lebih dari 30 kali menyelenggarakan Quick Count (Hitung Cepat) selama periode 2008 – 2017, terakhir saat Pilkada Serentak 2017 lalu.

Hasil-hasil Quick Count Rakata selalu presisi dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah serta dapat diketahui publik secara cepat hanya beberapa jam setelah proses perhitungan suara selesai,” kata Eko, Selasa 26 Juni 2018.

Rakata Institute akan melakukan Quick Count Pilkada Serentak 2018 di Provinsi Lampung pada tanggal 27 Juni 2018 untuk memprediksi secara cepat Pemenang Pilgub Lampung, Pilbup Tanggamus, dan Pilbup Lampung Utara.

“Rakata Institute akan menempatkan 444 relawan untuk bertugas pada 444 TPS yang tersebar se-Provinsi Lampung.

Metode yang digunakan adalah stratified random sampling dengan mempertimbangkan kepadatan jumlah pemilih setiap kecamatan (Untuk Pilbup) dan kepadatan jumlah pemilih setiap kabupaten/kota (untuk Pilgub),” jelasnya.(trb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here