BERBAGI

Lampung Utara, (Ekstranews.com) – Sebanyak 453 calon jemaah haji (CJH) dari kabupaten Lampung Utara mengikuti manasik haji di Masjid komplek Islamik Center Kotabumi, Senin (25/6).

Herman Ali, selaku kasi urusan haji dan Umroh, kanwil kementeria agama, mengatakan‎ digelarnya manasik ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan terhadap Calon Jamaah Haji (CJH) dalam bentuk bimbingan agar CJH nantinya dapat menjalankan ibadah haji sesuai syariat dan rukunnya.

Selain itu, dalam manasik juga diberikan pemahaman dan pengalaman secara teori dan praktek agar CJH memahami hakekat pelaksanaan ibadah haji, sehingga sekembalinya ke tanah air, para CJH ini dapat menjadi haji yang mabrur.

“CJH Kabupaten Lampung Utara tahun ini berjumlah 453 orang, dan mendapatkan tim pembimbing haji dan tim pembimbing ibadah haji,” katanya.

Para CJH ini akan diberangkatkan sebanyak dua gelombang, gelombang pertama akan berangkat pada tanggal 27 Juli dan yang kedua berangkat pada tanggal 31 Juli. Ia menerangkan, mereka akan menempati pemondokan di Arab Saudi yang berjarak 5 kilometer dari Mekkah.

Setelah manasik haji tingkat kabupaten, mereka akan melaksanakan manasik di tingkat kecamatan. Dalam pelaksanaan manasik tersebut, dibagi dalam empat zona, yakni kecamatan Kotabumi, kecamatan Kotabumi Selatan, kecamatan Abung Selatan dan kecamatan Bukitkemuning.

Yang terpenting saat ini lanjut Herman, CJH Lampung Utara agar dapat menjaga kesehatan, karena ibadah haji mayoritas membutuhkan tenaga yang banyak, istirahat cukup dan banyak minum dan konsumsi buah, sehingga dapat melaksanakan semua rangkaian haji dengan baik, berharap menjadi haji mabrur.(trb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here