BERBAGI

Bandar Lampung,(Ekstranews.com) – Sebanyak 641 Mahasiswa dari 55 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) mengikuti pembukaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan bersama Badan Kerjasama (BKS) PTN Wilayah Barat tahun 2018 dengan tema ‘Merajut Kebersamaan dan Kesamaan Dalan Kebhinekaan (Piil Pesenggiri).

Menurut Staff Ahli Bidang Pendidikan, Kemenristek Dikti, Paulina Pane mengatakan, KKN Kebangsaan memiliki nilai dan tujuan tersendiri, yakni meningkatkan nilai-nilai kebangsaan dan nasionalisme bagi mahasiswa maupun masyarakat.Hasil dari KKN ini adalah Blueprint tentang penyelesaian masalah yang diperoleh langsung oleh mahasiswa saat berinteraksi dengan masyarakat.

“Karena itu diharpkan mahasiswa yang mengikuti KKN Kebangsaan ini nantinya benar-benar menjadi problem solver bagi permasalahan Indonesia serta saya berharap mahasiswa terus menempa diri agar kelak mampu menjadi penyeimbang dan solusi bagi kemajuan bangsa,” ujarnya pada sambutan KKN Kebangsaan di Gedung Bagas Raya, Senin (23/7/2018).

Sementara itu, Rektor Universitas Lampung (Unila), Hasriadi Mat Akin mengungkapkan, KKN Kebangsaan bersama BKS-PTN ini juga dimaksudkan guna meningkatkan interaksi pemahaman dan kepeduliaan mahasiswa dari berbagai PTN di Indonesia terhadap nilai-nilai kebanggaan bangsa untuk merajut persatuan dan kesatuan NKRI. Yang berlangsung selama 30 Hari dimana sebanyak 641 mahasiswa yang mengikuti KKN Kebangsaan ini merupakan yang terbaik di masing-masing PTN.

“Melalui KKN Kebangsaan ini, kita akan menanamkan jiwa dan nilai-nilai kebersamaan, kemandirian dan etos kerja serta tanggung jawab bagi calon pemimpin dimasa yang akan datang, dan saya berharap KKN Kebangsaan ini dapat memperkokoh semangat nasionalisme, rasa kebangsaan, dan menjadi ajang persaudaraan antar mahasiswa dari berbagai PTN,” jelasnya.(plp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here