BERBAGI
Lampung Tengah – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng), menyambut baik kunjungan kerja DPRD Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Provinsi Sumatra Selatan, Jumat (29/6).
Kedatangan rombongan disambut langsung oleh Sekretaris DPRD Lampung Tengah, Syamsi Roli beserta anggota dewan lamteng di ruang kerja gedung DPRD setempat. Menurut Wayan Subawa, kunjungan kerja DPRD Kabupaten Oku Selatan adalah untuk saling tukar informasi serta berbagi pengalaman guna mempelajari tentang pertanian.
Seperti di ketahui, Kabupaten Lampung Tengah merupakan sentra budidaya nanas dan lumbung padi serta penghasil tebu baik perkebunan rakyat maupun yang dikelola Perusahaan. “Kita di Lampung Tengah ini kan sudah terkenal dengan hasil bumi dan tidak dipungkiri sudah dikenal baik nasional maupun tingkat internasional yang dikelola oleh perusahaan, jadi mereka ingin belajar dengan kita,” kata Wayan Subawa.

 

Masih di katakan Wayan, dengan adanya kunjungan kerja tersebut, kami sangat mengapresiasi atas kedatangan mereka. Selain silaturahmi, kita juga tukar pendapat bagaimana pengelolaan di bidang pertanian kedepan agar lebih berdaya saing. Saat ini petani mereka masih mengandalkan pola tradisonal, nah itu yang akan mereka pelajari bagaimana dalam sistem mekanisme dari pelatihan hingga menghasilkan hasil produksi pertanian seperti nanas dan padi yang unggul dan berkualitas.
Mengingat hal itu sangat penting guna mensejahterakan Rakyat, mereka ingin mendalami mekanisme nya agar Produk unggulan pertanian yang serupa di Lamteng, di Kabupaten Oku Selatan juga dapat seperti di Lampung Tengah yang berkerjasama dengan pihak perusahan hingga di ekspor ke mancanegara, karena selama ini hasilnya dipromosikan diruang lingkup lokal saja”, ucapnya.
Hal senada di katakan Anggota DPRD Lampung Tengah, Raden Zugiri yang menerima rombongan DPRD Oku Selatan mengucapkan terimakasih atas kunjungan yang dilakukan DPRD Oku Selatan.
“Kami ucapkan terimakasih atas kunjungan anggota DPRD Oku Selatan, kata Zugiri. Politisi PDIP ini berharap, apa yang didapat dari Lamteng bisa bermanfaat dan di aplikasikan di Oku Selatan. “Sebaliknya nanti apa yang ada di Oku Selatan bisa juga kita aplikasikan di Lamteng ini,” pungkasnya.
Sementara itu, perwakilan rombongan DPRD Oku Selatan, Hendri Usnan mengatakan, Lampung Tengah dipilih sebagai tujuan kunjungan kerja ialah karena Lamteng memiliki kesamaan dengan Kabupaten Oku Selatan . “Kita sangat tertarik dengan pertanian yang ada di Lamteng,” ujarnya.
Menurutnya, kesamaan yang ada di Lamteng dengan Kabupaten Manuk Wari Selatan ialah tapioka, nanas, dan tebu. “Intinya kami ingin mengembangkan pertanian di daerah kami dan ingin melihat produksi tapioka, nanas dan gula yang bisa kami aplikasikan diwilayah kami,” katanya.(advetorial)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here