BERBAGI

Tanggamus,(Ekstranews.com) – Asisten I Bidang Pemerintahan Paksi Marga, didampingi Kepala Dinas Perdagangan Zulfadli, Kabid Humas Derius Putrawan, mewakili Kadis Kominfo, Kabid Sumiati mewakili Kadis PMD, Camat Talang Padang Yulinarti, menyambut kedatangan Tim Penilai Lomba Bumdes Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2018 di Kantor Bumdes Se’at Jaya, Pekon Sukanegeri Jaya, Kecamatan Talang Padang, Kamis (26/7/2018).

Dalam sambutan tuan rumah yang disampaikan Camat Talang Padang Yulinarti menyampaikan selamat datang kepada Tim Penilai dan seluruh rombongan. Dirinya juga berharap agar dalam penilaian ini, Bumdes Se’at Jaya menjadi Bumdes Terbaik se Provinsi Lampung.

Selanjutnya dalam pemaparan Ketua Bumdes Se’at Jaya, Hidayat, disampaikan bahwa Bumdes Se’at Jaya terbentuk pada tanggal 18 Maret 2015, dimana pada saat itu potensi yang dapat dikembangkan hanya kerajinan pembuatan golok. Kemudian Bumdes melakukan upaya upaya seperti pelatihan dan menggali potensi potensi yang ada di sekitar desa agar dapat di kembangkan dan bisa meningkatkan kesejahteraan dan nilai tambah bagi Masyarakat. Sehingga saat ini Bumdes Se’at Jaya sudah memiliki tujuh unit usaha, yakni Pande Besi, Penyediaan bahan baku, Warnet Desa, Jasa Keuangan, Seni dan Budaya, Kuliner dan Kantor Perisai BPJS Ketenagakerjaan.

“Dari keseluruhan unit usaha tersebut mampu menyerap kurang lebih 100 orang tenaga kerja, dengan omset keseluruhan unit usaha sebesar Rp. 200 juta per bulan dan memiliki asset sebesar Rp.450 juta,” terang Hidayat.

Sementara dalam sambutan Ketua Tim Penilai Lomba Bumdes Dra. Sulasih, bahwa kegiatan perlombaan tersebut adalah tidak semata-mata untuk mencari juara, akan tetapi untuk mengetahui bagaimana keadaan dan perkembangan Bumdes yang ada di Provinsi Lampung. “Dalam penilaian ini bukan hanya mencari juara, tetapi agar bagaimana Bumdes yang menang adalah Bumdes terbaik yang dapat mewakili Provinsi Lampung pada Lomba Bumdes Tingkat Nasional nantinya,” ujar Sulasih.

Selanjutnya selain melakukan peninjauan dan penilaian, Tim Penilai yang beranggotakan Esterlina dari Balai PMD Kementrian Dalam Negeri, Lela Soraya dari Tenaga Ahli Dinas PMD Provinsi Lampung dan Roziah Kasi Pengembangan Ekonomi Dinas PMD Provinsi Lampung melakukan evaluasi dan pembinaan terhadap jajaran Bumdes Se’at Jaya, agar menjadi lebih baik.(plp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here