BERBAGI

Tulang Bawang,(Ekstranews.com) – Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Tulangbawang menangkap komplotan pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) asal Lampung Tengah yang kerap beraksi di wilayah Tuba.

Pelaku yakni Jumali (28) dan Suryadi (19) warga Gunung Batin Baru Kecamatan Terusan Nyunyai.

Kapolres Tulangbawang AKBP Raswanto Hadiwibowo mengatakan, kedua pelaku ditangkap di kediaman masing-masing pada waktu yang berbeda.

“Suryadi ditangkap Rabu (11/7) sekitar pukul 21.00 WIB, kemudian dilakukan pengembangan dan kembali ditangkap Jumali pada Kamis (12/7) subuh sekitar pukul 04.00 wib,” terang AKBP Raswanto, Kamis siang.

Raswanto menerangkan, penangkapan kedua pelaku menindaklanjuti laporan dari korban atas nama Jaman Mulyadi (49), warga Tiyuh Marga Asri, Kecamatan Tulangbawang Tengah, Kabupaten Tulangbawang Barat.

“Dalam laporannya korban mengalami kerugian sepeda motor Honda Beat warna merah BE 7842 QI yang digasak kedua pelaku,” papar Raswanto.

Mantan Kasubdit I Ditresnarkoba Polda Lampung itu menambahkan, aksi yang dilakukan kedua tersangka terjadi Kamis tanggal 8 februari 2018 lalu.

Kedua tersangka menggasak sepeda motor di dalam rumah korban sekitar pukul 21.00 wib.

Raswanto mengatakan, saat itu posisi sepeda motor korban di parkir di dalam ruangan depan dengan kondisi rolling dor dalam keadaan terbuka.

“Korban waktu itu sedang menonton televisi yang hanya berjarak sekitar 6 meter dari tempat motor di parkir,” terang Raswanto.

Ketika itu, korban mendengar sepeda motor miliknya di stater di pinggir jalan.

Korban lalu keluar rumah dan melihat sepeda motornya dibawa kabur oleh orang tidak dikenal ke arah pasar Mulya Asri.

“Waktu itu korban sempat mengejar pakai sepeda motor lain, namun gagal karena kehilangan jejak,” bebernya.

Berbekal informasi dari korban yang melihat ciri-ciri pelaku, polisi lantas melakukan penyelidikan dan pengejaran terhadap pelaku.

“Alhamdulillah tadi malam dua pelaku berhasil ditangkap,” kata Raswanto.

Dalam penangkapan itu, polisi terpaksa menyarangkan satu butir peluru ke kaki Jumali, salah satu tersangka.

“Saat akan ditangkap, Jumali salah satu pelaku melakukan perlawan yang membahayakan petugas, sehingga terpaksa dilakukan tindakan tegas dan terukur dengan menembak betis kanan pelaku,” tegas Raswanto.

Kedua pelaku beserta barang bukti sepeda motor dibawa ke Mapolres Tulangbawang.

Kapolres mengimbau, kepada masyarakat yang ada di Kabupaten Tulangbawang dan Kabupaten Tulangbawang Barat agar senantiasa bisa menjadi polisi bagi diri sendiri.

Sebelum meninggalkan kendaraan di parkiran, dia menyarankan agar kembali memastikan kendaraan tersebut sudah terkunci stang dan dilengkapi dengan kunci pengaman tambahan.

“Apabila mengalami aksi pencurian segera melapor ke polisi terdekat,” tandasnya. (trb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here