BERBAGI

Sport,(Ekstranews.com) –  Kroasia mencatatkan sejarah baru di final Piala Dunia sebagai negara Eropa dengan populasi terkecil di partai puncak turnamen empat tahunan tersebut.

Dikutip dari Sbnation, saat ini Kroasia memiliki populasi lebih dari 4 juta jiwa. Angka itu jauh lebih kecil dibandingkan dengan populasi Italia dan Cekoslowakia sebagai kedua negara Eropa pertama di final Piala Dunia.

Pada 1934, Italia memiliki populasi sekitar 42 juta jiwa, sedangkan Cekoslowakia memiliki 10 juta jiwa untuk perhitungan pada 1930.
“Dengan populasi 4 juta jiwa, itu merupakan pencapaian luar biasa,” tulis FIFA dalam situs resmi.
Negara Eropa lain yang tampil di final adalah Jerman Barat dan Hungaria untuk edisi Piala Dunia 1954. Pada tahun tersebut Jerman Barat memiliki populasi 13 kali lipat dari populasi Kroasia saat ini, yaitu lebih dari 52 juta jiwa. Sedangkan Hungaria punya 9,7 juta jiwa.

Jumlah penduduk Swedia ketika menjadi finalis Piala Dunia 1958 di negara sendiri 7,4 juta, tiga juta lebih banyak dibanding Kroasia. Begitu juga dengan Cekoslowakia saat menjadi runner up Piala Dunia 1962 dengan lebih dari 9 juta jiwa.

Saat menjadi juara di Piala Dunia 1966, Inggris memiliki populasi lebih dari 61 juta jiwa. Jerman Barat yang menepati posisi runner up lebih sedikit dibanding Inggris, dengan 59 juta jiwa.

Jumlah penduduk di setiap negara sendiri diperkirakan terus bertambah setiap tahunnya. Dengan begitu, hanya Belanda, Prancis, dan Spanyol sebagai negara Eropa baru yang berada di final Piala Dunia setelah edisi 1966.

Belanda yang dua kali beruntun mencapai final partai puncak pada 1974 dan 1978 saat itu memiliki populasi lebih dari 12 juta jiwa, Prancis dengan 58 juta jiwa (1998), dan Spanyol dengan lebih dari 46 juta jiwa pada 2010.

Untuk predikat sebagai negara dengan populasi terkecil di final Piala Dunia dipegang Uruguay yang mencapai final sekaligus juara pada 1930 dan 1950. Pada saat itu Uruguay hanya punya 1,7 juta jiwa.

Timnas Kroasia lolos ke final Piala Dunia 2018 setelah menyingkirkan Inggris 2-1 di babak semifinal di Stadion Luzhniki, Kamis (12/7) dini hari WIB. Ini merupakan pencapaian final pertama Kroasia sepanjang mengikuti Piala Dunia.

FIFA juga menulis, selain sebagai salah satu negara dengan populasi terkecil, Kroasia merupakan negara dengan peringkat FIFA terendah yang berada di final Piala Dunia. Saat ini Vatreni menempati posisi ke-20. (cnn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here