BERBAGI

Pringsewu,(Ekstranews.com) – Sempat terjadi antrean panjang di ruas Jalan Lintas Barat KM 54-55 Pekon Sukaratu, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pringsewu, Rabu (12/9) siang. Antrian mengular hingga kurang lebih 500 meter.

Menurut Kanit Dikyasa Lalu Lintas Polres Tanggamus Bripka Yuliansyah Idrus, peristiwa itu karena adanya penyedotan air saluran air yang menggenang hampir ke badan Jalinbar. Diduga karena gorong-gorong tersumbat.

“Sementara gorong-gorong tersebut berdampingan dengan kolam warga sehingga volume air meningkat mendekati badan jalan,” ujar Yuliansyah mewakili Kasat Lantas Polres Tanggamus AKP Dade Suhaeri, Rabu.

Untuk mengantisipasi supaya air jangan sampai naik ke badan jalan, sehingga dilakukan penyedotan. Khawatirnya kalau tidak dikuras air meluber ke badan jalan dan mengakibatkan kecelakaan lalu lintas. Sebab ruas jalan itu kondisinya menikung dan turunan.

Yuliansyah menuturkan, untuk mengetahui tersumbatnya gorong-gorong berkoordinasi dengan BPBD Pringsewu untuk menyedot air tersebut. Supaya bisa dipastikan, tersumbatnya gorong-gorong akibat tumpukkan material tanggul, apa sampah masyarakat.

Dia menambahkan, apabila tidak segera diketahui penyebab menyumbatnya gorong-gorong ataupun tidak segera diperbaiki, ditakutkan air naik ke badan jalan.

“Cuaca tidak hujan saja volume air hampir mendekati permukaan jalan, dan apabila hujan maka dimungkinkan air akan naik ke permukaan jalan dan melewati badan jalan,” karanya.

Jika itu terjadi terus menerus, takutnya jalan akan ambles dan ini sangat membahayakan sekali bagi pengguna jalan. Mengingat possisi jalan tersebut berada pada tikungan, dan turunan sementara jalan tersebut adalah jalan utama.(trb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here