BERBAGI

Lampung Timur,(Ekstranews.com) – Warga Dusun Pukem, Desa Mataram Marga, Kecamatan Sukadana, Lampung Timur menanam pohon pisang di tengah ruas jalan protokol wilayah setempat.

Selain penanda adanya kerusakan jalan, pohon pisang yang ditanam juga sebagai bentuk kekecewaan warga lantaran tidak kunjung diperbaikinya kerusakan jalan penghubung antara Kecamatan Sukadana-Bumi Agung- dan Kecamatan Sekampung itu.

Menurut Usman, warga Pukem, rusaknya ruas jalan itu sudah berlangsung lebih dari lima tahun.

Selama itu pula, belum pernah sama sekali tersentuh perbaikan dari Pemkab Lampung Timur.

Kerusakan jalan itu berjarak sekitar hampir 10 kilometer dari Kecamatan Bumi Agung menuju Kecamatan Sekampung.

Disepanjang jalan, nyaris tidak ada aspal yang menempel sempurna pada badan jalan.

Jalan berlubang dengan diameter besar hampir merata memutus badan jalan.

Bahkan, dibeberapa titik terdapat gorong-gorong yang telah amblas dan diperbaiki seadanya menggunakan batang kayu oleh masyarakat.

“Kalau lima tahun sudah lebih (kerusakan jalan), ya belum pernah ada perbaikan. Makanya warga berinisiatif menanam pohon pisang dibeberapa titik. Karena rusaknya sudah minta ampun,” kata Usman kepada Tribun, Sabtu (29/09).

Tak hanya kerusakan diruas jalan ini saja, di Sukadana, notabenenya wajah kota Kabupaten Lamtim, banyak “dikepung” jalan berlubang.

Kerusakan jalan di ibu kota Kabupaten ini bisa dijumpai mulai jalan A Rasyid Mataram Marga hingga masuk wilayah pusat perdagangan Sukadana Pasar.

Disepanjang jalan dua jalur ini tidak sedikit lubang besar menganga di kiri maupun kanan.

“Tempo hari jalan ini juga pernah di tanami pohon pisang oleh warga. Habisnya nggak pernah diperbaiki, padahal ini wajah kota dari ibu Kota Lampung Timur,” kata Wawan, salah seorang warga yang dijumpai, Sabtu siang.

Akibat kerusakan jalan itu, tidak sedikit pula pengendara sepeda motor yang mengalami kecelakaan akibat jerjerembab ke dalam lubang.

“Apalagi kalau kondisi sesudah hujan, lubangnya nggak keliatan karena digenangi air. Sudah banyak yang kecelakaan akibat jalan rusak ini,” tandas Wawan.(trb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here