BERBAGI

Lampung — Brigjen Pol Tomsi Tohir akhirnya resmi dilantik sebagai Kapolda Banten. Dia menggantikan Brigjen Pol Teddy Minahasa yang dimutasi menjadi Wakapolda Lampung.

Teddy sendiri menggantikan Brigjen Angesta Romano Yoyol. Sementara Brigjen Angesta ditugaskan menjadi Karo RBP Srena Polri. Serah terima jabatan perwira tinggi Polri tersebut tertuang dalam Surat Telegram Kapolri No. ST/2947 /XI/KEP/2018 tanggal 17 November 2018.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian memimpin pelantikan Tomsi yang di gelar di Rupatama, Mabes Polri, Jakarta, Senin (26/11). Dalam acara itu, Tito menuntun Tomsi mengucapkan sumpah jabatan untuk setia dan taat sepenuhnya pada Pancasila, UUD 1945 dan NKRI.

“Bahwa saya akan mentaati segala peraturan perundangan-undangan dan segala macam tugas kedinasan yang diberikan kepada saya dengan pengabdian dan penuh tanggung jawab,” tutur Tito, seperti dikutip jawapos Senin (26/11).

Dalam sumpah itu, Tomsi juga diminta untuk bekerja dengan jujur, disiplin, bertanggung jawab, dan cermat. “Demi kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara,” tukas Tito diikuti Tomsi.

Sebelumnya, beberapa waktu lalu Tomsi sempat jadi perbincangan publik. Beredar foto dirinya dan mantan Wakapolda Lampung, Irjen Pol Ike Edwin menunjukkan jari jempol dan telunjuk disertai tulisan, ‘Maaf kami sudah sadar, Prabowo-Sandi Yesss’.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo pada waktu itu menjelaskan bahwa foto tersebut diambil sekitar Juli 2017 lalu. “Itu saat korp raport kenaikan pangkat Kombes Pol Tomsi ke Brigjen,” ujarnya.

Adapun jari telunjuk dan jempol yang diperlihatkan merupakan lambang ‘L’ yang mengartikan Lampung. Mereka menunjukkan itu lantaran sama-sama berasal dari Lampung.

Tomsi dan Ike terbilang saudara kandung dari Lampung. “Pak Tomsi sama Pak Ike Edwin itu sama-sama satu saudara, saudara kandung orang tuanya itu,” imbuhnya.

Bahkan kata Dedi, mereka dengan mantan Kapolda Lampung sebelum Ike, Irjen Pol Edward Syaf Pernong merupakan keturunan Raja Lampung.

“Jadi Pak Tomsi, Pak Ike edwin dan Pak Edward Syaf Pernong mereka keturunan Raja Lampung,” pungkas Dedi.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here