BERBAGI

Lampung Selatan,(Ekstranews.com) —  Dandim 0421 Lampung Selatan Letkol Kav Robinson Oktovianus Bessie meninjau dermaga Canti di pesisir kecamatan Rajabasa yang ambruk beberapa waktu lalu pada sabtu (19/1) pagi.

Ambruknya sebagian dermaga turut mempengaruhi pelayanan transportasi penyeberangan tradisional ke pulau Sebuku dan Sebesi.

Dandim melihat dermaga yang diperbaiki dengan alat sederhana oleh masyarakat setempat.

“Meski perbaikan darurat sementara dengan alat yang sederhana. Tetapi ini bisa membantu memulihkan fungsi dermaga. Sehingga bisa melayani penyeberangan masyarakat yang hendak ke pulau,” kata Letkol Kav. Robinson Oktovianus masyarakat

Dirinya mengatakan dermaga Canti sangat vital dalam menggerakan roda perekonomian masyarakat di pulau Sebesi dan Sebuku pasca tsunami selat Sunda pada 22 Desember lalu.

Karena hasil perkebunan dan pertanian warga pulau dibawa ke darat melalui dermaga Canti.

Dan sebaliknya barang-barang kebutuhan masyarakat yang tinggal di pulau juga diangkut melalui dermaga tersebut.

Seperti diketahui Dermaga Canti di kecamatan Rajabasa Lampung Selatan ambruk pada selasa (15/1) lalu.

Beruntung saat pondasi dermaga yang memang sudah rapuh akibat diterjang tsunami itu ambruk, kegiatan bongkar muat kapal penyeberangan ke pulau Sebesi sedang istirahat.

Ambruknya dermaga Canti ini cukup mengganggu aktivitas bongkar muat kapal penyeberangan tradisional dari Canti menuju pulau Sebesi dan Sebuku.

Padahal saat ini aktivitas penyeberangan ke pulau Sebesi saat ini sudah mulai kembali normal.

Syahbandar pelabuhan tradisional Canti, Syaifullah mengatakan kondisi deramaga Canti pasca tsunami 22 Desember 2018 lalu memang rusak.

Dimana papan-papan lain dermaga lepas dan pondasi dermaga juga retak.

“Memang kondisinya rusak pasca tsunami kemarin. Pondasi betonnya pada retak akibat diterjang tsunami. Dan siang tadi, sebagian dari pondasi yang memang retak ambruk,” kata dia.

Beruntung, ujarnya, saat dermaga ambruk kegiatan bongkat muat kapal sedang istirahat. Sehingga tidak ada korban dalam kejadian tersebut.(trb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here