BERBAGI

Lampung Tengah (Ekstranews.com) —  Pemerintah  Kabupaten (Pemkab) Lampung Tengah (Lamteng) meraih penghargaan di tingkat nasional dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Republik Indonesia.

Penghargaan tersebut atas keberhasilan mendapat nilai B untuk Akuntabilitas Kinerja Tahun 2018.

Penghargaan itu diterima Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lampung Tengah, Adi Erlansyah,  di Gedung Tulip, Galaxy Hotel, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Rabu 6 Februari 2019, lalu.

Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto menjelaskan, penghargaan SAKIP merupakan reward  dan punishment kepada provinsi maupun kabupaten/kota.

“Di Provinsi Lampung, yang memperoleh Nilai B hanya Kabupaten Lampung Tengah, Lampung Barat dan Kota Metro. Sedangkan kabupaten dan kota lainnya ada yang mendapat nilai  C dan CC,” kata dia, Selasa, 12 Februari 2019.

Sekda Kabupaten Lampung Tengah, Ady Erlansyah. menambahkan, Lamteng dalam melaksanakan Peraturan Pemerintah Nomor 08 Tahun 2006 tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah dan Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinelja Instansi Pemerintah (SAKIP), telah menunjukkan kinerja yang baik dalam perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, pelaporan kinerja dan evaluasi dan capaian sasaran kinerja organisasi.

Hal ini telah ditunjukkan dengan predikat yang diperoleh Kabupaten Lamteng melalui Sistem Akuntabilitas Kinexja Instansi Pemerintah SAKIP yaitu B (baik).

“Kemampuan pemerintah dalam mempertanggungjawabkan kinerjanya seringkali menjadi pertanyaan masyarakat. Oleh karena itu, perlu penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah yang dapat mendorong birokrasi lebih berkinerja dan mampu bertanggung jawab, atas sumber daya yang digunakan, melalui penguatan dan implementasi Sistem Akuntabiliti,” kata Ady. (sbm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here