BERBAGI

Bandar Lampung,(Ekstranews.com) — Pengumuman kelulusan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) tahun pelajaran 2018-2019 telah diumumkan, Senin (13/5). Namun, secara keseluruhan, belum dapat diketahui berapa persentase kelulusan.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Provinsi Lampung, Suharto mengatakan, secara serentak untuk pengumuman SMA Negeri ataupun swasta di Bandarlampung dilakukan pada pukul 16.00.

“Kalau untuk Bandarlampung, kita sepakat untuk umumkan kelulusan pada pukul 16.00 melalui website maupun langsung diumumkan di sekolah masing-masing. Kalau untuk kabupaten lainnya, itu kewenangan masing-masing,”ujarnya, Senin (13/5).

Terkait berapa presentase kelulusan untuk SMA di Lampung, dirinya belum dapat memastikan. Karena harus menunggu laporan dari masing-masing sekolah di Kabupaten kota.

“Belum ada laporan. Karena ini kan kewenangan masing-masing sekolah untuk pengumumannya. Jadi, kita tidak tahu kalau sekolah belum melaporkannya secara lengkap. Tapi, untuk SMA Negeri 9, 413 siswa kelas XII dinyatakan lulus 100 persen,” tukasnya.

Ia juga mengimbau kepada seluruh siswa yang lulus untuk menyikapinya dengan hal-hal yang baik dalam merayakan kelulusan, terlebih lagi saat ini Bulan Ramadan.

“Lulus SMA ini kan awal memasuki perjuangan baru untuk bisa melanjutkan ke pendidikan tinggi. Oleh karena itu tidak perlu merefleksikan rasa bahagia dengan coret-coret baju, atau konvoi. Lebih baik baju dikumpulkan lalu disumbangkan, apalagi konvoi itu juga kan berbahaya,” tandasnya.

Terpisah, Dra. Suniyar, M.Pd, Kepala Sekolah SMK Negeri 3 Bandarlampung, menyatakan, seluruh siswa kelas XII yang berjumlah 427 dinyatakan memenuhi syarat untuk kelulusan sekolah.

Seluruh siswa tersebut berasal dari enam kompetensi keahlian, yakni Usaha Perjalanan Wisata sebanyak 54 siswa, Perhotelan berjumlah 99 orang, Tata Boga 103 siswa, Tata Kecantikan Kulit sebanyak 25 murid. Kemudian, Tata Kecantikan Rambut berjumlah 19 siswa serta 127 murid dari Tata Busana.

“Alhamdulillah, siswa kelas XII tahun ini lulus 100 persen. Mereka menerima hasilnya pada sore ini melalui amplop tertutup. Seharusnya kita umumkan melalui web sekolah, tetapi karena sedang ada gangguan teknis, ada pembangunan gedung sekolah,”jelasnya.(rlp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here