BERBAGI

Lampung Selatan,(Ekstranews.com) — Peningkatan arus kedatangan pemudik dari pulau Jawa berdampak pada kepadatan arus kendaraan yang hendak melalui jalan tol trans Sumatera (JTTS) melalui pintu tol Bakauheni selatan.

Dari pantauan tribun pada sabtu (1/6) terjadi antrian cukup panjang di pintu tol Bakauheni selatan untuk kendaraan dari arah pelabuhan Bakauheni. Kendaraan pun terus mengalir dari pelabuhan.

Guna mempercepat pelayanan di pintu tol, PT Hutama Karya Tol cabang ruas Bakauheni – Terbanggi Besar memberlakukan mobile tapping oleh petugas. Para petugas mendatangi mobil pemudik dengan membawa alat untuk tapping.

Antrian tidak hanya terlihat pada jalur dari pelabuhan, tetapi juga untuk kendaraan yang hendak keluar tol. Namun antrian tidak sepanjang kendaraan yang hendak masuk tol.

Beroperasinya JTTS ruas Bakauheni – Terbanggi Besar serta di operasikannya ruas Terbanggi Besar – Kayu Agung menjadi salah satu alasan banyak pemudik yang memilih menggunakan kendaraan pribadi.

“Kita membaca di media, jika tol sumatera sudah bisa dilalui hingga Palembang. Karenanya kita mudik membawa kendaraan. Kita ingin menjajal tol sumatera,” tarang Iyan yang hendak mudik ke Jambi.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Diko. Menurut dirinya, dengan adanya tol perjalanan dari Bakauheni hingga Palembang hanya akan ditempuh 5-6 jam saja. Itulah kenapa dirinya dan keluarga memilih mudik lebaran tahun ini menggunakan jalur darat dengan kendaraan pribadi.

“Kalau dulu dari Bakauheni sampai Palembang bisa 12 jam lebih. Ini kan hanya sekitar 6 jam sudah sampai. Jadi kita tetap akan sampai di Palembang siang hari,” kata pria yang bekerja di sebuah perusahaan otomotif di Jakarta ini.

Sampai dengan siang ini arus mudik pemudik asal pulau Jawa yang menggunakan kendaraan pribadi terus mengalir ramai. Diperkirakan akhir pekan ini menjadi puncak arus mudik pemudik.

Sementara itu dari pantauan tribun di pelabuhan Bakauheni, arus kedatangan pemudik pun terus mengalir. Baik untuk pemudik penumpang pejalan kaki, pemudik yang menggunakan kendaraan sepeda motor maupun mobil pribadi.(trb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here