BERBAGI

Metro,(Ekstranews.com) — Eksistensi Indonesia masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila. Di mana, Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara serta pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa untuk Indonesia.

Hal ini disampaikan Wali Kota Metro Achmad Pairin dalam upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di lapangan Samber, Sabtu (1/6). ”Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan. Keberagaman kondisi geografis, flora, fauna hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif,” sebut dia.

Dilanjutkan, berkat Pancasila dengan nilai-nilai inklusifitas, toleransi dan gotong royong, keberagaman yang ada menjadi suatu berkah. ”Berkah Pancasila sebagai bintang panutan keberagaman yang dapat dirakit menjadi identitas nasional dalam wujud dan slogan Bhineka Tunggal Ika,” tegasnya.

Pairin juga berpesan kepada ASN dan pelajar di Metro agar mengenang dan merefleksikan hari lahir Pancasila sebagai momentum sejarah. ”Bagaimana saat ini mengamalkan serta mengamankan Pancasila secara simultan dan terus-menerus,” ujarnya. (rlp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here