BERBAGI

PRINGSEWU (ekstranews.com) — Pembangunan Bendungan Way Sekampung di Pekon Bumiratu Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pringsewu memasuki tahap Pengelakan Aliran Sungai.

Tampak hadir sejumlah pejabat BUMN dari PT PP dan PT Waskita, Dirjen Sumberdaya Air Kementrian PUPR yang diwakili Kepala Pusat Bendungan I. Made Sumiarsih, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji dan Sekampung Iriandi Azwartika, dan Bupati Pringsewu Sujadi, Kamis (25/7/2019).

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji dan Sekampung Iriandi Azwartika mengatakan, lokasi pekerjaan bendungan berada di Pekon Bumi Ratu, Kecamatan Pagelaran dan Pekon Banjar Rejo, Kecamatan Banyumas Kabupaten Pringsewu. Kemudian Desa di Kabupaten Tanggamus.

Menurutnya proyek pembangunan bendungan Way Sekampung merupakan infrastruktur yang ditetapkan sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN), dan di Lampung terdapat dua pembangunan bendungan, yaitu bendungan Way Sekampung di Kabupaten Pringsewu dan Bendungan Margatiga di Kabupaten Lampung Timur.

“Perencanaan Pembangunan Bendungan Way Sekampung telah dimulai dengan Studi kelayakan 2012, DED pada 2013, Penyempurnaan Desain 2015 dan Studi AMDAL pada 2015,” ujarnya.

Dia menambahkan progres fisik terkait dengan progres keuangan mencapai 60,57%, sedangkan pekerjaan yang sedang dilaksanakan mencapai 76,40%.

Sementara Kepala  Bendungan Kementrian PUPR I. Made Sumiarsih mewakili Dirjen Sumberdaya Air,  Hari Suprayogi menyatakan pembangunan bendungan way sekampung dengan memasuki tahap Pengelakan sungai, merupakan tahapan pembangunan bendungan.

“Masih banyak proses lagi untuk mencapai finish,” ungkapnya. Dia menambahkan rencana pembangunan di Indonesia pada pemerintahan Jokowi sebanyak 65 bendungan, 15 sudah selesai, 41 masih jalan, 8 bendungan di Sumatera dan Lampung dapat 2 bendungan.

“Dengan dibangunnya bendungan tersebut, hendaknya dapat di manfaatkan secara optimal untuk pertanian, listrik dan air baku,” kata dia.

Sementara Bupati Pringsewu Sujadi menyataan bendungan ini menjadi kebangaan bagi masyarakat dan manfaatnya sangat di rasakan bagi masyarakat Pringsewu.(lpc)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here