BERBAGI

LAMPUNG TIMUR (ekstranews.com) — Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari sesalkan tindakan oknum guru SMPN1 Pekalongan berinisial YY (53) yang diduga melakukan tindakan kekerasan terhadap sejumlah siswanya hingga videonya viral di media sosial. Ia menilai, tindakan kekerasan seperti itu sangat tidak pantas dilakukan oleh seorang guru yang notabene merupakan pendidik.

“Guru yang juga merupakan pendidik tidak boleh melakukan tindakan kekerasan dan kesewang-wenangan terhadap siswa, itu tidak dibenarkan,” kata Zaiful usai memimpin apel di SMAN 1 Bandar Sribhawono. Senin, 30 September 2019.

Dijelaskan juga oleh Zaiful, menyikapai persoalan tersebut, pihaknya sudah memerintahkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lamtim untuk memanggil oknum guru yang bersangkutan untuk dimintai keterangan mengenai kronologis dugaan tindakan kekerasan yang telah dilakukannya.

“Setelah dilakukan pemanggilan serta dimintai keterangan, baru nantinya akan ditentukan bentuk sanksi yang akan diberikan kepada oknum guru dimkasud,” ujar dia.

Zaiful juga mengimbau kepada para guru agar dapat melaksanakan tugas dan tanggungjawab sebagai guru dan pendidik sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku. “Kejadian ini agar dapat dijadikan pelajaran berharga. Karena itu untuk seluruh dewan guru saya mengimbau laksanakan tugas dan tanggungjawab sebagai guru dan pendidik sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku. Ingat guru itu merupakan suri tauladan yang harus digugu dan ditiru,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Dikbud Lamtim Yulisnyah mengatakan sejak awal viralnya video dugaan tindakan kekerasan yang dilakukan oknum guru SMPN 1 Pekalongan tersebut pihaknya sudah turun langsung ke sekolah terkait untuk mengumpukan berbagai keterangan dan informasi.

Bahkan pada Senin (30 Sepember 2019) kata Yuliansyah, pihaknya sudah memerintahkan sejumlah petugas untuk turun kembali ke SMPN 1 Pekalongan meminta klarifikasi dan keterangan lengkap dari oknum guru yang bermasalah tersebut.(lst)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here