BERBAGI

BANDAR LAMPUNG (ekstranews.com) — Gubernur Arinal Djunaidi ingin mewujudkan Lampung cerdas dan Sejahtera.Hal itu disampaikan Gubernur melalui Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Irwan S Marpaung saat membuka acara Hari Kunjung dan Bulan Gemar Membaca bertemakan Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial untuk Mencerdaskan Masyarakat Menuju Lampung Berjaya, di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lanpung, Kamis (19-9-2019).

“Kegiatan ini merupakan upaya untuk memotivasi masyarakat dalam meningkatkan minat baca, khususnya bagi anak-anak sebagai ajang promosi dalam pengenalan dan pemanfaatan perpustakaan, khususnya perpustakaan mitra Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung,” ujar Irwan.

Sejalan dengan tema Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca tahun 2019, diharapkan kepada kita semua untuk terus menggelorakan semangat membaca. “Untuk mewujudkan Lampung cerdas dan sejahtera tentunya diperlukan kreativitas, inovasi, dan kerja nyata yang semuanya diawali dari membaca dan dukungan dari semua pihak,” jelas Irwan.

Irwan melanjutkan, sebagian masyarakat belum memiliki minat baca yang baik. “Rendahnya minat baca berkaitan dengan ketersediaan sumber belajar berupa bahan bacaan serta kemudahan untuk mengaksesnya,” kata dia. Di sisi lain, faktor keluarga dan lingkungan memiliki peranan penting dalam menumbuhkembangkan minat baca.

“Jika sejak usia dini anak sudah dibiasakan untuk membaca, insya allah kebiasaan baik ini akan bermanfaat hingga mereka dewasa,” pungkasnya.

Lebih dari itu, masih kata Irwan, seperti yang diketahui bahwa proses pendidikan formal yang dimulai dari taman kanak-kanak, sekolah dasar, SMP hingga perguruan tinggi, tidaklah cukup hanya mengandalkan pelajaran di ruang sekolah semata.

Melainkan harus dicari dan digali melalui berbagai media termasuk perpustakaan, karena di sana banyak dihimpun berbagai buku yang sangat membantu memperluas dan memperdalam serta meningkatkan ilmu pengetahuan serta wawasan sehingga dapat bermanfaat bagi kehidupan.(nnm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here