BERBAGI

BANDAR LAMPUNG (ekstranews.com) — Rahmat Mirzani Djausal menjadi calon tunggal Partai Gerindra untuk maju dalam pemilihan Walikota (Pilwakot) Bandarlampung.

Karenanya, Ketua Fraksi Partai Gerindra di DPRD Lampung itu telah mempersiapkan program yang kelak dikampanyekan, jika partai benar mengusungnya maju Pilwakot 2020. 

Anggota DPRD Lampung dari daerah pemilihan Bandarlampung itu mengatakan, program utamanya adalah pemberantasan pengangguran.

“Walau pun pembangunan infrastruktur di kota ini maju, tapi kita lihat masih banyak masyakrat sulit cari lapangan kerja,” kata Mirza—sapaan akrabnya di ruang Fraksi Gerindra DPRD Lampung, Rabu (4-9-2019).

Mirza punya solusi untuk mengatasi banyaknya pengangguran di Kota Bandarlampung. Salah satuya dengan membuka banyak usaha mikro dan kecil menengah (UMKM).

“Solusi pertama kita tingkatkan pengusaha pemula. Maka UMKM harus lebih dikembangkan. Kalau banyak UMKM maka tenaga kerja akan terserap,” jelasnya.

Solusi kedua, sambung dia, harus ada pembatasan tenaga kerja dari luar. Sehingga masyarakat setempat diprioritaskan jika ada lowongan pekerjaan.

“Perlu juga dilakukannya pendidikan keterampilan kerja bagi masyarakat Bandarlampung. Jadi mereka siap bekerja karena sudah punya keahlian. Untuk itu perlu kerja sama denga dinas terkait untuk pelatihan keterampilan tenaga kerja,” terangnya.

Selain soal kurangnya lapangan pekerjaan, masalah yang medasar juga soal stabilitas harga pangan. 

“Stabilitas harga pangan di Bandarlampung belum stabil. Ini menjadi perhatian saya dan siapa pun walikotanya, harus mampu menjaga stabilitas harga pangan, karena ini kebutuhan masyarakat,” ucapnya.

Menurut dia, terlepas maju atau tidak sebagai bakal calon walikota, dia tetap akan memperjuangkan soal tenaga kerja tersebut. Sebab, dia merupakan angota legislatif dari Bandarlampung.

“Untuk Bandarlampung terlepas saya maju atau tidak tetapi tetap ada hal-hal yang harus saya perjuangkan,” ungkapnya.

Sebelumnya, Partai Gerindra Lampung menyiapkan dua nama bakal calon kepala daerah yang akan dimajukan dalam Pilwakot Bandarlampung pada 2020 mendatang.

Ketua Gerindra Provinsi Lampung Gunadi Ibrahim mengatakan, keduanya adalah Rahmat Mirzani Djausal dan Andika Wibawa.

“Untuk di Bandarlampung yang akan maju antara Rahmat Mirzani Djausal dan Andika Wibawa. Untuk kepastiannya kita tunggu tanggal mainnya,” kata Gunadi, Selasa (18-6) lalu.

Namun Andika Wibawa mendadak mengarah ke pemilihan Bupati Lampung Tengah (Lamteng). Dengan begitu, Mirzani menjadi calon tunggal dari Partai Gerindra untuk maju Pilwakot mendatang.(hmm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here