BERBAGI

BANDAR LAMPUNG (ekstranews.com) — Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Bandarlampung membuka penjaringan bakal calon kepala daerah (bacakon kada) pada Pemilihan Walikota (Pilwakot) 2020, mulai 9-16 September 2019.

Di Kantor DPC PDIP Bandarlampung telah terpampang papan pengumuman penjaringan bacalon Walikota dan Wakil Walikota Bandarlampung bertajuk “SDM unggul Indonesia maju menuju Bandarlampung sejahtera”.

Wakil Ketua DPC PDIP Bandarlampung Bidang Informasi dan Kominikasi Politik Fandi Tjandra mengatakan, pendaftaran bacalon kada terbuka untuk umum.

“Siapa pun masyarakat yang mau mendaftarkan diri, kami persilahkan. Baik kader internal partai maupun eksternal, masyarakat umum juga boleh,” kata Fandi, Minggu (8-9-2019).

Menurut Anggota DPRD Bandarlampung itu, panitia atau tim penjaringan bacalon kada sudah terbentuk. Sebagai Ketua Dedi Yuginta, Sekretaris Rakhmad Nafindra, Bendahara Ahmad Jares Mogni serta Anggota Suherli dan Adriawan.

Saat ditanya apakah sudah ada bacalon yang menyatakan kesiapannya untuk mendaftarkan diri pada penjaringan PDIP, Fandi belum mengetahuinya.

“Menurut panitia penjaringan belum ada yang komunikasi. Maka kita lihat saja mulai besok,” jawabnya.

Namun dia optimis, bakal banyak bacalon kada yang turut dalam penjaringan tersebut. Saat ditanya lagi apakah Fandi siap mendaftar pada penjaringan PDIP, dia menegaskan tidak. Sebab dia ingin fokus menjalankan amanah yang diembannya sebagai wakil rakyat. “Kalau saya tidak dulu lah. Fokus di DPRD dulu,” singkatnya.

Terpisah, Ketua Tim Penjaringan PDIP Bandarlampung Dedi Yuginta menjelaskan, penjaringan dimulai pukul 10.00-16.00 WIB, di Kantor DPC PDIP setempat, Jalan Pangeran Emir M Noer, Sumur Putri, Tanjungkarang Pusat, Bandarlampung.

“Mulai besok (Senin 9-9) sampai 16 September penjaringan dan penyerahan berkas,” ujarnya.

Selanjutnya, sambung dia, pada 17-18 September adalah penelitian berkas oleh DPC partai.

“Kemudian pada 18-20 September menunggu kelengkapan berkas hingga pukul 16.00 WIB. Tanggal 21 September pleno DPC partai dan sore harinya kami serahkan berkas pendaftaran ke DPD,” jelasnya.

Dedi belum mau menyebut, siapa saja tokoh yang telah menyatakan kesiapannya untuk turut dalam penjaringan PDIP Bandarlampung. “Sekarang kan baru kita umumkan (penjaringan). Maka kita lihat saja nanti,” ucapnya.

Menurut dia, dalam penjaringan tidak ada target tertentu. Berapa pun jumlah pendaftar akan diterima dan dilaporkan ke DPD DPDIP Lampung. “Tidak ada target. Siapa saja yang mendaftar kita terima,” katanya. 

Untuk itu, Ketua Fraksi PDIP di DPRD Kota Bandarlampung itu mengimbau seluruh masyarakat yang punya keinginan untuk maju Pilwakot untuk segera mendaftarkan dirinya, sesuai jadwal yang ditetapkan.

”Putra-putri terbaik di Lampung, khususnya Bandarlampung yang mau mendaftar datang ke DPC PDIP Kota Bandarlampung. Pendaftaran tidak dipungut biaya (gratis),” imbaunya.(hmc)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here