BERBAGI

LAMPUNG TENGAH — Persatuan Wartawan Indonesia (PWI)  Lampung Tengah bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, siap bersinergi dalam mensukseskan Pemilihan Kepala Daerah serentak 2020 mendatang, komitmen itu disepakati saat audensi antara kedua lembaga tersebut Senin 09/12.

“Saya atas nama lembaga Komisi Pemilihan Umum Lampung Tengah, sangat mengapresiasi kunjungan jajaran Pengurus PWI Lampung Tengah, dan kesiapannya dalam mensukseskan Pilkada 2020, Semoga sinergisitas kita dapat berjalan dengan baik,” kata Ketua KPU Lampung Tengah,  Irawan Indra Jaya.

Menurutnya Indra, panggilan akrab Ketua KPU ini bahwa, langkah dan komitmen yang dibangun antara KPU dan PWI Lampung Tengah ini, prioritas dalam mensukseskan Pilkada yang akan datang, merupakan inovasi yang luar biasa, bahkan program kerja yang sangat baik.

“Ini terobosan perdana selama terbentuknya KPU di Kabupaten dengan motto Beguwai Jejamo Wawai ini, biasanya KPU yang jemput bola untuk mengajak masyarakat atau instansi agar dapat berperan aktip khususnya dalam mengawasi dan mensukseskan pemilu, tapi baru kali ini ada organisasi profesi seperti PWI yang menginisiasi agar kedua lembaga ini bergandengan tangan, serta siap mendukung serta siap mensukseskan jalannya pemilu, Kita dari lembaga penyelenggara siap berdampingan dengan para insan Pers khususnya yang tergabung di PWI Lampung Tengah untuk bersama mensosialisasikan tahapan demi tahapan pilkada kemasyarakat luas,” kata komisioner dua priode ini.

Irawan juga berharap, Insan Pers yang tergabung dalam kepengurusan PWI Lampung Tengah bisa menjaga netralitas dalam rangka mensukseskan Pilkada 2020 mendatang, sebaliknya pihaknya berharap agar lembaga profesi berlaku netral, atau tidak ada nuansa keberpihakan, menggandeng jurnalis atau media massa sangatlah penting dilakukan, karena informasi tidak akan sampai ke bawah, jika tanpa bantuan kawan-kawan Pers dalam mempublikasikan kegiatan-kegiatan tahapan pilkada,” tuturnya.

“Kita saling memberikan informasi, KPU tidak anti kritik bahkan tidak alergi terhadap wartawan, karena ini suatu bentuk sinergisitas kita, Saya secara kelembagaan selalu membuka diri dengan kawan-kawan media, Ayo !!! kita berkolaborasi mensukseskan Pilkada 2020, karena KPU tidak akan bisa bekerja sendiri tanpa dukungan semua pihak, khususnya media yang akan secara kontinyu mempublikasikan kegiatan-kegiatan pemilu,” sambungnya.

Pada awal audensi ini, Ketua PWI Lampung Tengah Ganda Hariyadi,SH. mengajukan semacam pemikiran atau usul, setiap daeah pemilihan yang akan diimami oleh satu komisioner, demi untuk lebih mengefisiensikan publikasi ketengah – tengah masyarakat luas, alangkah baiknya setiap daerah pemilihan masing – masing komisioner KPU didampingi maksimal 5 wartawan dari PWI Lampung Tengah,
Kesepakatan ini, PWI Lampung Tengah akan selalu siap untuk berkolaborasi serta menjalankan komitmen yang telah disepakati bersama antara kedua lembaga ini.

“Minta kesediaan KPU Lampung Tengah untuk berkolaborasi dengan jajaran pengurus PWI, setiap kegiatan termasuk sosialisasi akan selalu segera diketahui atau terpublikasi diarus bawah, apabila setiap kordinator daerah pemilihan dari komisioner KPU didampingi dari insan Pers, yang dalam hal ini PWI siap menyiapkan personilnya, Insya Allah Kami selalu siap berkontribusi dan mengawal pilkada di Lampung Tengah, agar kita mampu dan bisa menunjukkan kualitas dan kuantitas Pilkada 2020,” tegas Ganda.(red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here