BERBAGI

LAMPUNG TENGAH — Rangkaian acara Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT-RI) selalu dinantikan oleh seluruh bangsa Indonesia, tak terkecuali di usia Ke-75 Tahun 2020.

Meski ditengah pandemi Covid-19, dengan penuh kesederhanaan Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah (Pemkab Lamteng) tetap melaksanakan Upacara Bendera HUT RI Ke-75 yang berlangsung di Halaman Kantor Pemkab setempat, Senin 17 Agustus 2020.

Upacara di awali dengan pembacaan teks Proklamasi 1945 oleh Ketua DPRD Lamteng Sumarsono.

Dalam amanatnya, Bupati Lamteng Loekman Djoyosoemarto membacakan sambutan tertulis Gubernur Lampung Ir. Arinal Djunaidi, bahwa Perayaan Hari Kemerdekaan RI Ke-75 Tahun 2020 ini terasa berbeda. Momen bersejarah yang biasanya disambut penuh rasa bahagia itu kini terasa mengharu-biru karena di Indonesia khususnya Provinsi Lampung sedang berjuang melawan pandemi Covid-19. Bencana ini membuat berbagai aktivitas nyaris berhenti baik di bidang perekonomian maupun kehidupan bermasyarakat.

Namun demikian tidak lantas membuat kita semua berkecil hati dan patah semangat. Semua aktivitas yang biasa kita lakukan dapat dijalankan walaupun dalam kondisi terbatas dengan adaptasi kebiasaan baru atau new normal.

Dijelaskan Bupati Loekman, sebagaimana disampaikan Presiden RI Joko Widodo dalam pidatonya di sidang tahunan MPR 2020 bahwa inilah saatnya kita membenahi diri secara fundamental, dan melakukan transformasi besar menjalankan strategi di bidang ekonomi, hukum pemerintahan, sosial kebudayaan termasuk kesehatan dan pendidikan ketika krisis kesehatan tersebut berdampak pada perekonomian nasional.

Kita semua segenap masyarakat Lampung juga harus cepat bergerak antara lain memberikan bantuan sosial bagi masyarakat melalui bantuan sembako bansos tunai subsidi dan membantu UMKM untuk memperoleh restrukturisasi kredit, membantu pembelian produk-produk mereka dan membantu tenaga kerja yang menjadi korban PHK.

“Saya atas nama Pemkab Lamteng menyambut hangat seruan moral penuh kearifan dari para ulama, pemuka agama dan tokoh-tokoh budaya menjadikan momentum musibah ini sebagai sebuah kebangkitan baru untuk melakukan sebuah lompatan besar. Krisis ini memaksa kita untuk menggeser channel kerja dari cara-cara biasa menjadi cara luar biasa dari prosedur panjang,” ujar bupati.

Lanjutnya, fleksibilitas kecepatan dan ketepatan sangat dibutuhkan efisiensi kolaborasi dan penggunaan teknologi harus diprioritaskan kedisiplinan, dan produktivitas nasional harus ditingkatkan.

Hal ini sejalan dengan tema Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan Ke-75 Tahun 2020, yaitu ‘Indonesia Maju’. Tema tersebut memiliki makna yang mendalam karena kita meyakini bahwa Indonesia merdeka adalah suatu jembatan emas untuk mewujudkan semua harapan berbangsa dan bernegara.

Harapan tersebut hanya bisa dicapai dengan kerja nyata yang pada akhirnya mampu membuat kemajuan khususnya di masa pandemi saat ini. Untuk mewujudkan Indonesia maju tentunya harus dimulai dari kemajuan Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Untuk itu kepada seluruh masyarakat Lampung mari kita bersama-sama dan bekerja keras guna mensukseskan pembangunan di Provinsi Lampung sesuai dengan bidang tugas dan keahlian yang kita miliki.

“Masih banyak langkah-langkah yang harus kita lakukan dan tersedia waktu 25 tahun lagi bagi kita untuk menyiapkan sahabat Indonesia merdeka untuk membangun Indonesia yang kita cita-citakan. Target kita saat ini bukan hanya lepas dari pandemi dan keluar dari krisis. Namun langkah-langkah kita adalah melakukan lompatan besar memanfaatkan momentum krisis yang saat ini sedang terjadi, untuk menjadikan Provinsi Lampung maju dan berjalan sebagaimana yang kita cita-citakan,” pesannya.

“Saya juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para dokter dan perawat serta seluruh petugas di rumah sakit, di laboratorium klinik kesehatan dan dirumah isolasi. Kepada tokoh masyarakat, para relawan, awak media aparat TNI dan Polri, serta seluruh masyarakat Lampung semoga Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-75 ini dijadikan sebagai titik awal bagi kita semua dalam meningkatkan kinerja di bidangnya masing-masing, untuk melanjutkan cita-cita perjuangan para pahlawan kita yang telah gugur dari Lampung untuk Indonesia, demi terwujudnya ‘Indonesia Maju’ Lampung Berjaya. Dirgahayu Republik Indonesia Ke-75, sekali merdeka tetap merdeka,” tutupnya. (advetorial)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here