BERBAGI

LAMPUNG SELATAN–Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) akan memanggil untuk Hearing Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) setempat guna menanyakan kronologi konflik yang terjadi antara karyawan PT Domus Jaya dengan pihak perusahaan.

Hal ini disampaikan, Ketua Komisi IV DPRD Lamsel, Ahmad Muslim AM, SE seperti dikutip rakyatlampung.id, Senin (26/10).

Dirinya menuturkan, Komisi IV sudah mengetahui persoalan tersebut. Maka dari itu, selain mengundang Disnakertrans pihaknya juga akan mengundang perusahaan dan para karyawan untuk mengetahui akar pernasalahanya.

“Dalam waktu dekat akan kami bahas dengan Disnaker melalui hearing dan minta keterangan perusahaan dan karyawan tentang konflik di PT Domus Jaya,” ucap politisi partai Golkar itu.

Ia menyebut, jika ternyata ada pelanggaran yang dilakukan pihak perusahaan, merupakan kewenangan Disnakertrans untuk mengambil tindakan.

“Kalau memang ada pelanggaran yang terjadi, kami berharap Disnakertrans bersikap tegas memberikan teguran atau sanksi kepada pihak perusahaan,” timpalnya lagi.

Ahmad Muslim juga meminta Disnaker dapat segera mengambil sikap penyelesaian masalahan agar tidak menimbulkan gejolak dikemudian hari, “Kita minta agar masalah ini segera ditengahi dan diselesaikan, dan harus dicarikan solusi yang tidak merugikan kedua belah pihak agar masalah ini terselesaikan,” tegasnya mengakhiri.

Diberitakan sebelumnya, menyikapi tuntutan karyawan, Disnakertrans telah melakukan pemanggilan untuk mendengarkan klarifikasi dari PT Domus Jaya.

Sementara pihak perusahaan melalui Penasehat Hukumnya, M Thorir mengklaim tidak pernah menjanjikan kerja sistem rolling terhadap karyawan yang dirumahkan. Sistem rolling merupakan usulan dari karyawan saat dimusyawarahkan.

Menariknya, pernyataan itu disangkal oleh eks kuasa perusahaan, Eddy Harsono yang memimpin musyawarah saat karyawan akan dirumahkan. Dirinya membenarkan pernah berjanji akan melakukan rolling atas perintah owner PT Domus Jaya, Riksan Arifin.(ibr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here