BERBAGI

LAMPUNG TENGAH — Pemkab Lampung Tengah menggelar Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Pilkada 2020 dalam Kondisi Covid-19 di Gedung Sesat Agung Nuwo Balak, Kamis (12/11). Rakor melibatkan penyelenggara pilkada baik KPU, Bawaslu, PPK, camat, dan Forkopimda.

Pjs. Bupati Lamteng Adi Erlansyah didampingi Pj. Sekkab Nirlan menyatakan sejauh ini persiapan pelaksanaan pilkada belum ada kendala. “Bila kita lihat dan dengar secara umum, sampai hari ini persiapan belum ada kendala. Kita berharap tidak akan muncul kendala dari sisa waktu sekitar 27 hari ini. Segala permasalahan perlu diwaspadai dan diantisipasi,” katanya dalam sambutan.

Adi Erlansyah mengingatkan pesta demokrasi kali ini di tengah pandemi Covid-19. Sehingga menjadi PR besar untuk mempersiapkan segala sesuatu dengan baik dan benar, agar tidak menjadi klaster baru penyebaran Covid-19. “Perlu perhatian ekstra dari semua elemen agar pilkada berjalan lancar, aman, kondusif, dan terhindar dari Covid-19,” ujarnya.

Pjs Bupati Lampung Tengah, Adi Erlansyah

Karena itu, Adi Erlansyah meminta penyelenggara bisa melaksanakan tugas secara profesional. “Persiapkan secara cermat. Khususnya kepada KPU, Bawaslu, Dinas Kesehatan, BPBD, dan aparat keamanan. Mari bekerja bersama untuk mengantisipasi semua faktor yang ada agar tidak tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ungkapnya.

Kepada wartawan, Adi Erlansyah menyatakan ada dua hal paling penting untuk suksesnya pilkada. Pertama, pilkada berjalan aman, lancar, dan tidak terjadi penyebaran Covid-19. Kedua, tidak terbentuk klaster baru Covid-19. “Karena itu protokol kesehatan harus dijaga dan diterapkan,” katanya.

Dari delapan kabupaten/kota yang menggelar pilkada, kata Adi Erlansyah, paling banyak DPT dan TPS adalah Lamteng. “DPT dan TPS kita paling banyak Ini memang perlu energi ekstra dari semua elemen. Baik penyelenggara dan forkopimda untuk mengawal pelaksanaan pilkada. Sejauh ini sudah berjalan dengan baik,” ujarnya.

Terkait netralitas ASN dan aparatur kampung, Adi Erlansyah menyatakan sudah menerima laporan dari Bawaslu. Pihaknya mengaku akan menindak lanjuti. “Semua dana hibah juga sudah klir dan tinggal tunggu pelaksanaannya,” ungkapnya.

Masalah calon pemilih yang belum lakukan perekaman KTP-El, Adi Erlansyah juga menyatakan kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil akan dibuka meski hari libur.

“Perekaman KTP-El akan dilakukan percepatan. Kantor Disdukcapil akan buka hingga sore dan tak ada hari libur. Bisa melayani masyarakat perekaman. Untuk perekaman di kecamatan tunggu perkembangannya. Persediaan blangko tak masalah. Toh bisa diberikan suket (surat keterangan) terpenting sudah lakukan perekaman,” tegasnya.

Sedangkan Pj. Sekkab Lamteng Nirlan menambahkan tujuan pelaksanaan pilkada bukan hanya sukses. “Tujuan kita bukan hanya pilkada sukses. Yakni sukses pilkada dan sukses cegah penyebaran Covid-19. Karena itu dibutuhkan kerja keras bersama,” katanya.

Bagi warga yang belum melakukan perekaman KTP-El, Nirlan meminta camat berkoordinasi. “Camat berkoordinasi dengan kepala kampung bagi warga yang belum perekaman KTP-El. Kantor Disdukcapil buka pagi hingga sore dan tak ada hari libur. Siap mengakomodasi masyarakat yang belum perekaman KTP-El,” ungkapnya.(advetorial)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here