BERBAGI

Bogor- 27/2/2021- Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Heru Dewanto memimpin pengambilan sumpah profesi Insinyur kepada Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan 207 Insinyur baru, Sabtu, 27 Fenruari 2021 di Institut Pertanian Bogor (IPB). Bersama Arinal, para insinyur bidang teknik hayati juga menerima sertifikat Insinyur Profesional dari PII. Sebelum mendapatkan gelar insinyur di IPB dan sertifikat Insinyur Profesional dari PII, Arnal adalah alumni Fakultas Pertanian Universitas Lampung (Unila). Dalam sambutannya Heru Dewanto mengapresiasi Gubernur Arinal atas keteladanannya dalam melaksanakan Undang Undan Keinsinyuran dengan madapatkan gelar profesi Insinyur bidang Kehutanan IPB dan Insinyur Profesional Utama (IPU) dari PII. Heru berharap keteladanan Gubernur segera diikuti oleh seluruh Sarjana Teknik di jajaran Pemda Lampung dan di Propinsi Lampung.
Heru mengajak para insinyur hayati untuk memegang teguh sumpah profesi insinyur dan mengemban tugas insinyur sebagai agen kemajuan peradaban manusia guna mewujudkan kesejahteraan bersama.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, sebagai sarjana pertanian, sejak awal karirnya sebagai PNS konsiten menekuni bidang teknik hayati, khususnya pertania. Arinal menjadi Kepala Administrasi Penyuluhan Dinas Pertanian Kotamadya Bandarlampung (1986–1990), hingga Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kota Metro (1999–2001) lalu Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Lampung (2005–2010) dan Sekretaris Daerah Provinsi Lampung (2014–2016) sebelum akhirnya terpilih sebagai Gubernur Lampung (2019–Sekarang).

Perhatiannya pada pertanian juga terus dilakukannya ketika ia menjabat sebagai Gubernur. Pada ada suatu acara pelantikan pengurus Dewan Pengurus Daerah Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (DPD HA-IPB), 21 Desember 2020 lalu Arinal mengajak para Alumni IPB untuk mengambil peran bersama mengelola sektor pertanian di Provinsi Lampung. Sebab Provinsi Lampung memiliki potensi di sektor pertanian yang besar menuju Lampung Berjaya.

Arinal yang pada hari ini menyandang gelar baru Insinyur Kehutanan, dalam sambutanya mengajak semua peserta untuk mendukung visi Presiden Jokowi yaitu menjadi Indonesia Unggul. Guna merealisasikan Indonesia Unggul maka diperlukanya SDM unggul di setiap provinsi.
“Indonesia unggul akan terwujud jika SDM di daerah juga unggul, karenanya saya mendorong ASN untuk melanjutkan program pendidikan tinggi setelah sarjana”
Arinal juga berharap lulusan insinyur mampu merespon dengan cepat pembangunan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Kuliah umum dan Pengambilan sumpah Insinyur pagi ini di ikuti 207 peserta dari 4 disiplin ilmu teknik pertanian, teknik industri, peternakan dan teknik kehutanan, secara daring dan luring.

(Media centre PII-Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here