BERBAGI

Anggota Komite IV DPD RI daerah pemilihan Lampung Abdul Hakim membekali patriot desa di Kampung Karang Jawa, Kecamatan Anak Ratu Aji, Lampung Tengah, Rabu lalu, 14/10/2021.

Patriot desa ini dibentuk untuk menyukseskan Gerakan Desa Emas di kampung tersebut. Abdul Hakim juga didapuk menjadi pembina wilayah Lampung Gerakan Desa Emas.

Ini adalah ikhtiar untuk memajukan desa dan membentuk karakter patriot desa sebagai pelopor dan penggerak di kampung. Mereka juga nantinya menjadi mahasiswa Kampus Desa Emas sebagai instrumen utama Gerakan Desa Emas.

Edi Harmoko, Kepala Kampung Karang Jawa, mengatakan, pihaknya berharap besar dengan Gerakan Desa Emas. Ini bertujuan memajukan kampung.

Ia berkata, potensi kampusnya ada embung yang bisa dikembangkan sebagai wisata kampung/desa. Pihaknya juga berencana membangun penginapan di sekitaran embung sehingga menjadi daya tarik bagu wisatawan.

Ia juga berharap para patriot desa ini benar-benar menggerakkan warga sehingga mempunyai usaha ekonomi yang menghasilkan.

Termasuk dalam hal bisnis, pemasaran digital, dan pengelolaan keuangan.

Abdul Hakim mengatakan, Kampus Desa Emas akan mendidik para patriot desa sehingga punya bekal memadai. Mereka juga, kata Hakim, pada semester III sudah bekerja dengan memanfaatkan teaching factory di kampung setempat.

Teaching factory ini adalah instrumen untuk merealisasikan program di kampung. Usaha kreatif akan disesuaikan dengan potensi yang ada di desa.

Abdul Hakim menjelaskan, potensi desa di Kampung Karang Jawa ini mesti dioptimalkan. Sebab, desa ini memiliki potensi yang tidak dimiliki kampung lain.

“Tinggal pengelolaannya. Dan dengan adanya patriot desa, pengelolaan akan optimal. Sebab, mereka akan diberikan pendidikan di Kampus Desa Emas,” ujar Hakim.

Hakim berharap rencana menjadikan kampung ini menjadi desa emas akan terealisasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here